Kabar Baik! Alat Terjemahan di Mozilla Firefox Bisa Dipakai Offline

Kabar Baik! Alat Terjemahan di Mozilla Firefox Bisa Dipakai Offline

Josina - detikInet
Selasa, 07 Jun 2022 17:47 WIB
ilustrasi mozilla firefox
Foto: Mozilla Firefox
Jakarta -

Pengguna memiliki banyak pilihan untuk alat terjemahan bahasa seperti Bing dari Microsoft, Google Translate dari Google. Yang terbaru Mozilla juga memiliki layanan translate untuk perambanannya yakni Firefox Translations.

Untuk Firefox Translations, Mozilla dikabarkan telah membuat plugin terjemahan yang dapat digunakan secara offline alias tanpa terhubung dengan internet.

Firefox Translations sendiri merupakan hasil kerja dari Mozilla dengan Project Bergamot yang didanai Uni Eropa. Proyek ini juga melibatkan Universitas Edinburgh, Universitas Charles, Universitas Sheffield dan Universitas Tartu. Tujuannya untuk mengembangkan alat mesin yang dapat membuat opsi terjemahan offline.

"Mesin, model bahasa, dan algoritma terjemahan dalam halaman harus berada dan dijalankan sepenuhnya di komputer pengguna, jadi tidak ada data yang akan dikirim ke cloud, menjadikannya sepenuhnya pribadi," kata Mozilla sebagaimana dikutip detikINET dari Engadget, Selasa (7/6/2022).

Untuk menggunakannya Firefox Translations tidak bergantung pada pemrosesan cloud dan proses penerjemahannya dilakukan pada komputer pengguna.

Firefox Translations juga perlu mengunduh beberapa data saat pertama kali digunakan pada browser. Selain itu, penerjemahan ini juga akan mengunduh beberapa pembaruan yang diperlukan saat penggunaan.

Sayangnya bahasa pada alat terjemahan Mozilla ini terbatas hanya dapat menerjemahkan bahasa Inggris dan 12 bahasa lainnya seperti Spanyol, Bulgaria, Ceko, Estonia, Jerman, Islandia, Italia, Bokmal Norwegia, Bokmal Nynorsk, Persia, Portugis, dan Rusia.

Meski demikian Mozilla dan mitranya dalam proyek tersebut masih berupaya untuk menambahkan berbagai dukungan bahasa. Mereka telah membuat jalur pelatihan di mana para sukarelawan dapat membantu dengan membantu melatih model-model baru sehingga lebih banyak bahasa dapat ditambahkan.



Simak Video "Fitur-fitur Baru di Versi Teranyar Firefox Lite"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)