1,5 Juta Aplikasi Bakal Ditendang dari App Store dan Play Store

1,5 Juta Aplikasi Bakal Ditendang dari App Store dan Play Store

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 14 Mei 2022 20:47 WIB
App Store
1,5 Juta Aplikasi Bakal Ditendang dari App Store dan Play Store Foto: shutterstock
Jakarta -

Kebijakan Apple dan Google untuk memberantas aplikasi lawas di App Store dan Play Store sepertinya akan memiliki dampak yang cukup besar. Laporan baru menyebutkan kebijakan ini berpotensi menghapus 1,5 juta aplikasi dari App Store dan Play Store.

Kebijakan ini menyasar aplikasi lawas yang tidak pernah diperbarui oleh pengembangnya selama dua tahun. Menurut data Pixelate, aplikasi yang 'ditelantarkan' oleh pengembangnya ini mencakup sepertiga dari jumlah aplikasi yang ada di App Store dan Play Store.

Google Play Store memiliki sekitar 869.000 aplikasi yang ditelantarkan selama lebih dari dua tahun, sementara Apple App Store memiliki sekitar 650.000, seperti dikutip dari Cnet, Sabtu (14/5/2022).

Jika aplikasi tidak menerima update selama lebih dari dua tahun, aplikasi itu jadi lebih rawan dieksploitasi. Karena itu Google dan Apple mengenalkan kebijakan baru untuk menindak aplikasi yang tidak diurus oleh pengembangnya demi menjaga keamanan pengguna.

Aplikasi yang tidak menerima update selama dua tahun akan disembunyikan di Google Play Store dan tidak akan muncul di hasil pencarian. Kebijakan Apple soal aplikasi lawas tidak begitu jelas, tapi ada satu developer yang mengatakan aplikasi mereka akan dihapus karena sudah dua tahun lebih tidak diperbarui.

Apple sendiri belum lama ini memberikan peringatan kepada developer tentang kebijakan tersebut. Dalam notifikasi bertajuk 'App Improvement Notice', Apple mengatakan akan menghapus aplikasi dari App Store yang tidak diperbarui dalam jangka waktu signifikan dan pengembang diberikan waktu selama 30 hari untuk memperbarui aplikasinya.

"Anda bisa membuat aplikasi ini tetap tersedia untuk diunduh dan ditemukan oleh pengguna baru di App Store dengan mengirimkan pembaruan untuk ditinjau dalam 30 hari," tulis Apple dalam emailnya itu.

"Jika tak ada pembaruan yang dikirimkan untuk ditinjau dalam 30 hari, aplikasi akan dihapus dari penjualan," tambah Apple.

Kebijakan Apple ini dikeluhkan oleh developer, terutama developer indie yang khawatir aplikasi mereka ditendang dari App Store meski masih berfungsi dengan baik. Apple kemudian memperbarui kriterianya tentang penghapusan aplikasi dan memberikan developer lebih banyak waktu untuk menuruti kebijakannya.

Tapi berdasarkan data Pixelate, jumlah aplikasi yang up-to-date di App Store dan Play Store mengalahkan jumlah aplikasi jadul. 68% atau lebih dari 3,1 juta aplikasi yang ada di App Store dan Play Store sudah diperbarui dalam dua tahun terakhir.

Aplikasi yang populer juga cenderung rajin diperbarui oleh pengembangnya. 84% aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 100 juta kali telah menerima pembaruan dalam enam bulan terakhir.



Simak Video "Sempat Menghilang, PeduliLindungi Kini Muncul Lagi di App Store"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)