Clubhouse Uji Fitur Permainan dalam Room

Clubhouse Uji Fitur Permainan dalam Room

Adi Fida Rahman - detikInet
Jumat, 13 Mei 2022 10:40 WIB
Clubhouse
Foto: Fonearena
Jakarta -

Cloubhouse tengah menguji fitur baru berupa permainan dalam room. Hadirnya fitur tersebut diharapkan dapat membantu mencairkan suasana dan dapat mengenal teman lebih baik.

Fitur bernama Wild Cards ini sejatinya telah tersedia di perangkat iOS dan Android secara global pada April lalu. Untuk menggunakannya hanya perlu klik "+Room" lalu pilih Game.

Saat ini, Wild Cards hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Tetapi Clubhouse berjanji akan segera memperluas ke bahasa lain secepatnya.

Bersamaan Wild Cards, Clubhouse juga mulai memperkenalkan ikon grup pertama
mereka dengan tiga orang sahabat di belakang klub Women Watching Sports Live. Mereka sudah saling kenal selama bertahun-tahun, dan tetap memiliki hubungan yang sangat dekat, meskipun berpindah-pindah ke seluruh negeri, melalui rasa kecintaan mereka pada setiap olahraga dari NFL hingga F1.

Sementara ikon Clubhouse terbaru merupakan sosok yang dinilai punya komitmen yang cukup tinggi terhadap pekerjaan mereka. Menariknya, mereka baru bertemu secara langsung untuk pertama kalinya ketika Clubhouse mengambil foto ini untuk ikon Clubhouse.

Mereka adalah Pyotr Kurzin dan Anna Olizarivska, dua orang utama di balik salah satu room terbesar dan terlama yang pernah ada di Clubhouse, yaitu "Ukraine Situation Report (Sitrep).

ClubhousePyotr Kurzin dan Anna Olizarivska Foto: Clubhouse

The Ukraine Situation Report (Sitrep) Room saat ini dipahami sebagai room audio sosial dengan durasi terpanjang dan terbesar dalam sejarah. Room ini berjalan sejak pertikaian di Ukraina dimulai dan Clubhouse menjadi salah satu platform berkumpulnya bagi jutaan orang untuk bertukar cerita serta harapan yang mereka miliki.

Pyotr memulai room dari klubnya The Big Picture dan sejak itu telah bergabung dengan banyak co-admin yang terkenal di kalangan komunitas. Sedangkan Anna telah bergabung sejak awal Clubhouse hadir dan dia dengan cepat menjadi salah satu moderator terkenal yang membantu menjaga room tetap berjalan setiap hari selama 24jam.

Per tanggal 3 Mei 2022, room ini berjalan tanpa henti selama 67 hari, dan lebih dari satu juta orang telah bergabung di room ini. Meskipun ada faktor sedikit keberuntungan dalam situasi gelap yang mereka hadapi ketika mereka menjalankan room ini di tengah pertikaian, kisah hidup Anna dan Pyotr dapat diibaratkan semacam cermin bagi para pendengarnya.

Pyotr dibesarkan di Inggris, tetapi saat ini tinggal di Washington DC, Amerika Serikat, di mana selain waktunya di Clubhouse, ia juga menjadi pembawa acara podcast The Global Gambit, podcast tentang geopolitik, kebijakan luar negeri, dan berita terkini yang melibatkan pendengar secara langsung.

Orang tuanya, seorang Rusia dan Inggris, yang tetap bersatu hingga ketika mereka dipisahkan oleh tirai besi. Sementara itu, Anna, adalah seorang aktivis dan sukarelawan yang juga bekerja di bidang IT. Dia melarikan diri dari rumahnya di Odessa, Ukraina, ke Belanda pada minggu-minggu awal terjadinya pertikaian. Room yang mereka selenggarakan dengan sekelompok teman yang sekarang menjadi cukup dekat telah membantu ratusan ribu orang menjembatani kesenjangan antara Rusia, Ukraina, dan seluruh dunia.

Room ini telah menjadi tempat di mana kisah nyata di lapangan dibagikan agar para pendengar memahami apa yang sebenarnya terjadi dan untuk merespon propaganda dan informasi palsu yang beredar di tengah pertikaian. Wah menarik sekali ya cerita latar belakang dari Ikon terbaru Clubhouse ini



Simak Video "Clubhouse Android Beta Hadir di Seluruh Dunia pada Minggu Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)