Keren! Fitur Baru Google Maps Serasa Jelajah Kota di Video Game

Keren! Fitur Baru Google Maps Serasa Jelajah Kota di Video Game

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 12 Mei 2022 12:50 WIB
Fitur baru Immersive View di Google Maps
Google Maps Punya Fitur Baru, Serasa Jelajahi Kota di Video Game Foto: Google
Jakarta -

Google mengumumkan banyak pembaruan untuk serangkaian produknya di ajang Google I/O 2022. Termasuk untuk Google Maps yang mendapatkan mode baru bernama Immersive View.

Mode baru ini mirip seperti Google Street View tapi juga menawarkan pemandangan dari udara, bukan hanya di level jalanan. Pengguna bisa menjelajahi suatu kota dari udara, layaknya menggunakan drone, lalu kemudian turun ke jalan untuk melihat tempat spesifik yang ingin dituju.

Pengguna juga bisa menggunakan fitur Google Maps lainnya saat menjelajahi kota dengan Immersive View, misalnya untuk melihat info lalu lintas, cuaca, hingga tingkat keramaian suatu tempat.

Semua pemandangan kota yang ditampilkan menggunakan mode Immersive View adalah gambar digital. Google memanfaatkan data dari citra satelit dan Street View untuk menciptakan model digital beresolusi tinggi dari berbagai gedung dan fitur di sebuah kota.

"Kami berhasil menggabungkannya, sehingga kami dapat benar-benar memahami, oke, ini adalah ketinggian bangunan," kata VP of Engineering Google Liz Reid, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (12/5/2022).

"Bagaimana kami menggabungkannya dengan Street View? Bagaimana kami menggabungkannya dengan pemandangan dari udara untuk membuat sesuatu yang terasa seperti Anda benar-benar di sana?" sambungnya.

Saat menjelajahi kota menggunakan Immersive View, pengguna seakan sedang memainkan game dengan grafis yang cukup realistis. Mirip seperti saat memainkan game Microsoft Flight Simulator yang menggunakan data Bing untuk membangun model kota yang realistis.



Reid menyebut mode Immersive View sebagai fitur yang menawarkan kecanggihan Google Earth tapi di level jalanan. Ia mengungkap bahwa Google sebenarnya telah mengembangkan mode ini selama bertahun-tahun.

"Ini adalah sesuatu yang pernah kami demokan bertahun-tahun yang lalu, dan kami berpikir, 'oh, seperti ini,' tapi itu benar-benar berhasil. Sekarang teknologi telah berkembang pesat untuk membuatnya terasa sangat alami," jelas Reid.

Karena datanya disimpan di cloud, Immersive View bisa diakses oleh ponsel dan perangkat apapun. Fitur baru Google Maps ini baru akan tersedia di beberapa kota, termasuk Los Angeles, London, New York, San Fransisco, dan Tokyo.



Simak Video "Google Maps Bakal Rilis Fitur Cek Tarif Tol"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)