Daftar HP Xiaomi, Oppo, Nokia dkk Dapat Android 13 Beta & Link Download

Daftar HP Xiaomi, Oppo, Nokia dkk Dapat Android 13 Beta & Link Download

ADVERTISEMENT

Daftar HP Xiaomi, Oppo, Nokia dkk Dapat Android 13 Beta & Link Download

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 12 Mei 2022 06:14 WIB
Android 13
Android 13 untuk HP Xiaomi, Oppo, Nokia dkk, Foto: Google
Jakarta -

Android 13 Beta 2 dirilis di perhelatan Google I/O 2022, selain itu diumumkan versi Developer Preview untuk sejumlah HP buatan Xiaomi, Oppo, Nokia, Realme dll. Di bawah ini daftar HP yang mendapatkan beserta link downloadnya.

Perlu diingat bahwa rilis Developer Preview khusus OEM tidak sama persis dengan program beta Google. Sehingga kemungkinan tidak mendapatkan pembaruan OTA berkala seperti Pixel, dan bisa jadi memerlukan flash total.

Jadi risiko ditanggung sendiri bilamana HP tidak stabil setelah menginstal Android 13 versi Developer Preview. Berikut daftar HP yang mendapatkan Android 13 Beta:

1. Xiaomi

  • Xiaomi 12
  • Xiaomi 12 Pro
  • Xiaomi Pad 5

Link download di sini

2. Oppo

  • Oppo Find X5 Pro
  • Oppo Find N

Link download di sini, pilih opsi Indonesia.

3. Nokia

Link download di sini.

4. Realme

  • Realme GT 2 Pro

Link download di sini

5. Sharp

  • Sharp Aquos Sense6

Link download di sini

6. Vivo

  • Vivo X80 Pro

Link download di sini

7. Asus

  • Zenfone 8

Link download di sini

8. Lenovo

  • Lenovo P12 Pro

Link download di sini

9. OnePlus

  • OnePlus 10 Pro

Link download di sini

10. Tecno

  • Tecno Camon 19 Pro 5G

Link download di sini

11. ZTE

  • ZTE Axon 40 Ultra

Link download di sini

Fitur Android 13 Beta 2

Android 13 Beta 2 hadir dengan sejumlah fitur baru dan kontrol pengguna, bersama dengan pembaruan privasi dan keamanan.

Di Android 13, Google memberi pengguna lebih banyak kontrol atas informasi pribadi apa yang mereka bagikan dan kontrol lebih rinci atas file apa yang dapat diakses aplikasi. Alih-alih mengizinkan akses ke "File dan media", ada dua kategori baru yang dapat Anda kontrol aksesnya: Foto & Video dan Musik & Audio.

Perusahaan juga meluncurkan opsi baru yang memungkinkan pengguna memilih foto atau video yang tepat untuk diberikan akses aplikasi, daripada harus membagikan seluruh perpustakaan media dengan aplikasi.

Fitur Security dan Privacy di Android 13. Foto: Google

Google juga ingin memberi pengguna lebih banyak kontrol atas bagaimana mereka terlibat dengan aplikasi dan notifikasi, karena aplikasi harus mendapatkan izin pengguna sebelum mengirimi notifikasi di Android 13. Perusahaan juga mengurangi jumlah aplikasi yang memerlukan lokasi. Misalnya, pengguna tidak lagi harus memberikan lokasi ke aplikasi untuk mengaktifkan pemindaian Wi-Fi.

Meskipun pengguna sudah menerima peringatan ketika aplikasi mengakses clipboard mereka, Android 13 akan secara otomatis menghapus riwayat clipboard setelah beberapa saat untuk mencegah aplikasi melihat informasi lama yang disalin. Google juga berencana memperkenalkan halaman pengaturan Keamanan & Privasi terpadu baru di Android 13 yang memberikan indikator yang jelas tentang status keamanan pengguna sambil juga menawarkan saran yang akan meningkatkan keamanan.

Tahun lalu, Google memperkenalkan pengalaman Material You , di mana ketika Anda mengubah wallpaper, seluruh pengalaman Android 12 berubah agar sesuai dengan warnanya. Dengan Android 13, Google berencana untuk meluncurkan varian warna siap pakai yang akan menerapkan skema warna di seluruh OS.

Material You di Android 13 Foto: Google

Perusahaan juga memperluas tema warna ikon aplikasi di luar aplikasi Google. Dimulai dengan perangkat Pixel, pengguna akan dapat mengaktifkan pengaturan "Aplikasi bertema" agar semua aplikasi yang didukung cocok dengan warna ponsel mereka. Selain itu, Google memperkenalkan kontrol media baru yang menyesuaikan tampilannya berdasarkan musik yang didengarkan.

Kontrol media baru di Android 13. Foto: Google

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT