Zuck Pastikan Fitur Reaksi Emoji Hadir di WhatsApp Hari Ini

ADVERTISEMENT

Zuck Pastikan Fitur Reaksi Emoji Hadir di WhatsApp Hari Ini

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 05 Mei 2022 18:15 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Foto: dok. Rawpixel
Jakarta -

Setelah melalui fase pengembangan dan berbagai masa pengujian, fitur reactions atau reaksi emoji akan tersedia di WhatsApp mulai hari ini.

Hal tersebut diumumkan langsung oleh CEO Meta, induk WhatsApp, Mark Zuckerberg lewat postingannya di Facebook. Dalam postingan tersebut, Zuck juga membeberkan jenis reaksi emoji apa yang tersedia sejak awal.

Keenam emoji itu adalah emoji mengacungkan jempol, hati, menangis, tertawa, wajah terkejut, dan high five/terima kasih/minta maaf. Zuck juga menjanjikan untuk menghadirkan lebih banyak emoji lagi ke depannya.

WhatsApp Reactions ZuckPostingan Mark Zuckerberg terkait reaksi emoji di WhatsApp. Foto: Screenshot Facebook

Pengembangan Reactions ini pertama terendus sejak November 2021 lalu, yaitu saat WhatsApp mengujinya di perangkat iOS. Lalu WABetaInfo pada akhir Maret 2022 lalu menyebut fiturnya sudah tersedia di sejumlah beta tester WhatsApp untuk Android, tepatnya pada versi 2.22.8.3.

Fitur reaction di WhatsApp BetaFitur reaction di WhatsApp Beta Foto: WABetaInfo

WhatsApp sepertinya merilis fitur ini secara bertahap karena tidak semua beta tester di Android mendapatkan fitur ini di awal. Berdasarkan pantauan detikINET, ada beberapa beta tester yang bahkan sudah mengunduh WhatsApp untuk Android versi 2.22.8.4 tapi masih belum menerima fitur reaksi emoji.

Cara kerja fitur reaksi emoji di WhatsApp masih tidak berubah dari yang pertama kali dilaporkan beberapa bulan yang lalu. Saat mengetuk dan menahan pesan yang diterima, akan ada bagian pop-up yang berisi enam emoji.

Pengguna bisa memilih salah satu dari enam emoji yang tersedia untuk memberikan reaksi terhadap pesan yang masuk.

Selain di Android, WhatsApp juga akan membawa fitur reaksi emoji ke aplikasi iOS dan desktop. Pada awal Januari lalu, WhatsApp beta untuk iOS memiliki toggle pengaturan untuk mengatur 'Reaction Notification', dan pengaturan serupa juga muncul di WhatsApp Desktop versi beta pada bulan ini.

Reaksi emoji memang jadi salah satu fitur yang umum ditemukan di aplikasi messaging, termasuk iMessage, Google Messages, dan Twitter. Facebook Messenger dan Instagram bahkan sudah memiliki fitur ini terlebih dulu ketimbang WhatsApp.



Simak Video "Sejarah dan Arti Sebenarnya Emoji Terong"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT