Bersih-bersih App Store, Apple Bakal Hapus Aplikasi Usang

Bersih-bersih App Store, Apple Bakal Hapus Aplikasi Usang

Josina - detikInet
Selasa, 03 Mei 2022 19:16 WIB
Customers walk into an Apple Store after Apples new iPhone XS and XS Max went on sale in Beijing, China September 21, 2018. REUTERS/Jason Lee
Foto: Jason Lee/Reuters
Jakarta -

Belum lama ini Apple telah mengirim pemberitahuan kepada beberapa pengembang indie yang memperingatkan mereka bahwa aplikasi akan ditarik dari App Store jika tidak diperbarui dalam waktu 30 hari.

Sebelumnya pada tahun 2016 Apple sudah memiliki kebijakan terhadap aplikasi usang atau yang ketinggalan zaman dan saat ini Apple kembali memperketat aturan tersebut.

Dilansir detiKINET dari Engadget, langkah Apple ini dikritik karena menjadi penghalang bagi pengembang indie di mana mereka akan kesulitan untuk mengikuti perubahan platform dan berapa banyak pekerjaan yang diperlukan untuk meluncurkan bahkan pembaruan kecil.

Sekarang, Apple telah menerbitkan sebuah posting yang mengklarifikasi mengapa beberapa aplikasi lama terancam dihapus, bersama dengan pengumuman bahwa itu memberi pengembang lebih banyak waktu untuk memperbarui aplikasi mereka.

Dalam posting tersebut, Apple mengatakan bahwa itu hanya akan mengirim pemberitahuan penghapusan kepada pengembang yang aplikasinya belum diperbarui dalam tiga tahun, serta kepada pengembang yang aplikasinya belum diunduh sama sekali atau sangat sedikit selama 12 bulan bergulir.

Apple mengatakan bahwa menghapus aplikasi lama membuat yang lebih baru lebih mudah ditemukan dan juga memastikan pengguna dapat menikmati permainan dan alat yang telah dioptimalkan untuk OS dan perangkat terbarunya.

Seperti yang diketahui banyak orang, ada aplikasi lama yang tidak berfungsi dengan baik pada ponsel, tablet, dan laptop generasi terbaru lagi, memberikan pengalaman pengguna di bawah standar.

Namun, 30 hari mungkin bukan waktu yang cukup dekat bagi pengembang yang lebih kecil untuk membuat pembaruan.

Kabar baiknya adalah Apple telah memperpanjang masa tenggangnya dan sekarang memberi mereka waktu hingga 90 hari untuk memperbarui aplikasi mereka.

Pengguna akan dapat menyimpan aplikasi yang sudah terinstal di perangkat mereka meskipun akhirnya dihapus, dan pengembang dapat terus memperoleh penghasilan dari aplikasi tersebut melalui transaksi mikro.



Simak Video "Sempat Menghilang, PeduliLindungi Kini Muncul Lagi di App Store"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/rns)