3 iPhone Ini Terancam Tidak Dapat Update iOS 16

3 iPhone Ini Terancam Tidak Dapat Update iOS 16

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 30 Apr 2022 14:18 WIB
iPhone 6S
3 iPhone Ini Terancam Tidak Dapat Update iOS 16 Foto: Apple
Jakarta -

iOS 16 akan dirilis dalam beberapa bulan mendatang. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, beberapa iPhone lawas tidak akan menerima update sistem operasi terbaru ini.

Saat Apple merilis iOS 15 tahun lalu, semua iPhone yang menjalankan iOS 14 bisa mendapatkan update tersebut. Hal itu cukup mengejutkan mengingat ada beberapa iPhone yang sudah berusia enam tahun. Tapi, untuk tahun ini sepertinya akan berbeda.

Rumor dari tipster LeaksApplePro mengatakan akan ada tiga iPhone yang saat ini menjalankan iOS 15 tapi tidak akan mendapatkan update iOS 16. Ketiga iPhone yang dimaksud adalah iPhone 6S, iPhone 6S Plus, dan iPhone SE generasi pertama, seperti dikutip dari Tom's Guide, Sabtu (30/4/2022).

Apple tidak memberikan update iOS terbaru untuk iPhone lawas karena hardware yang digunakan sudah usang dan tidak memiliki performa atau ruang penyimpanan yang cukup untuk menjalankan sistem operasi versi terbaru.

Seperti diketahui iPhone 6S dan iPhone 6S Plus pertama kali diluncurkan pada 2015, dan iPhone SE generasi pertama merupakan keluaran tahun 2016. Ketiganya hadir dengan chipset A9 yang performanya tentu sudah ketinggalan dibandingkan A13 yang dipakai iPhone 13.

Mengingat ketiganya merupakan iPhone terakhir yang mengusung headphone jack 3,5mm tentu jadi indikasi terkuat betapa jadulnya ponsel-ponsel ini.

Saat pertama kali diluncurkan ketiganya menjalankan iOS 9, jadi enam update iOS yang didapatkan selama 6-7 tahun terakhir tentu sudah melampaui ekspektasi. Terutama jika dibandingkan dengan update yang diterima ponsel Android yang biasanya hanya diberikan selama 2-3 tahun.

Tapi ini semua masih sekedar rumor yang belum dikonfirmasi langsung oleh Apple. Meski begitu, rekam jejak LeaksApplePro sejauh ini terbilang cukup akurat.

Sedangkan untuk fitur baru di iOS 16, LeaksApplePro mengatakan iOS generasi baru ini akan membawa widget interaktif yang lebih besar, jalan pintas 'quick actions', dan peningkatan untuk aplikasi Files dan Reminders.

iOS 16 kemungkinan akan debut di event WWDC 2022 pada bulan Juni mendatang, bersama macOS 13 dan update software Apple lainnya. Sebelumnya, pengguna iPhone masih akan kedatangan iOS 15.5 yang saat ini masih dalam tahap uji coba beta.



Simak Video "Sederet iPhone Ini Terancam Tak Dapat iOS 16"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)