Link CCTV Online Pantau Jalan Tol Anti Macet-macet Club

Link CCTV Online Pantau Jalan Tol Anti Macet-macet Club

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Jumat, 29 Apr 2022 03:20 WIB
Kebijakan one way dari Tol Cikampek ke Tol Kalikangkung telah diterapkan sejak pukul 17.00 WIB. Ruas jalan tol yang mengarah ke Jakarta telah dikosongkan. (Yogi E/detikcom)
Foto: Kebijakan one way dari Tol Cikampek ke Tol Kalikangkung telah diterapkan sejak pukul 17.00 WIB. Ruas jalan tol yang mengarah ke Jakarta telah dikosongkan. (Yogi E/detikcom)
Jakarta -

Ribuan pemudik siap meninggalkan kota besar Indonesia hari ini. Ini dia link CCTV yang paten untuk memantau jalan tol.

Jalan tol dari Jakarta ke Merak atau arah ke Surabaya, menjadi urat nadi dari arus mudik Lebaran 2022. Banyak pemudik yang akan bergerak selepas sahur, Jumat (29/2/2022).

Jika Anda termasuk salah satunya, harus siap mental jika menghadapi kemacetan di jalan. Itu sebabnya, Anda harus tahu link CCTV online untuk memantau jalan tol.

Ada banyak penyedia CCTV online di Indonesia, tapi yang bisa menjadi rekomendasi adalah dari website Bina Marga Kementerian PUPR. Dihimpun detikINET, Jumat (29/4/2022) inilah cara menggunakannya.

  1. Buka situs Bina Marga. Bisa klik langsung DI SINI: https://binamarga.pu.go.id/index.php/contents/cctv/
  2. Dari menu navbar di atas, pilih CCTV Tol atau CCTV Non Tol. CCTV Non Tol disediakan oleh Road Transport and Traffic Management Center (RTTMC) Kemenhub yang terkoneksi ke situs Bina Marga. Titiknya mencakup jalan raya, pasar dan titik rawan macet lainnya.
  3. Akan tersedia aneka pilihan CCTV sesuai kategori dan lokasinya. Pilih lokasi CCTV yang dilewati jalur mudik kendaraan Anda.
  4. CCTV akan menampilkan video dari kondisi terakhir di lokasi secara real time.

Apa yang bisa kita pelajari dari CCTV online tersebut? Kita bisa melihat apakah telah terjadi kemacetan di jalur yang akan kita lewati untuk pulang ke kampung halaman.

Jika demikian, masih ada waktu jika hendak mencari jalan alternatif agak tidak terkena kemacetan. Anda bisa mengkombinasikan pemantauan CCTV Tol dan Non Tol untuk memastikan jalur yang aman dan bebas macet.

Dengan akses terbaik ke CCTV online yang disediakan pemerintah, kita bisa jadi pemudik canggih yang menghindari kemacetan. Selamat mudik dan hati-hati di jalan ya detikers!



Simak Video "Dear Pemudik, Pak Jokowi Imbau Balik dari Kampung Halaman Lebih Awal"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/afr)