Cara Menghindari Kiriman WhatsApp Orang Lain Tanpa Blokir

Cara Menghindari Kiriman WhatsApp Orang Lain Tanpa Blokir

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Kamis, 14 Apr 2022 17:43 WIB
Ilustrasi perempuan menggunakan ponsel
Ilustrasi (Foto: iStock)
Jakarta -

Ada kondisi ketika kita tidak mau membaca pesan WhatsApp dari orang tertentu. Hal itu bisa dilakukan kok tanpa harus memblokir. Begini caranya.

Mungkin banyak yang tidak tahu, tapi sebenarnya ada cara untuk para pengguna WhatsApp yang ingin menghindari pesan WhatsApp dari orang lain tanpa harus memblokir mereka. Caranya dengan fitur arsip obrolan.

Dengan fitur arsip, para pengguna WhatsApp bisa membuat chat dari orang lain langsung menjadi arsip dan dalam kondisi mute. Fitur ini dapat diatur sesuai keinginan dan sifatnya adalah pilihan.

"Arsip di WhatsApp memungkinkan mengatur pesan pribadi dan memprioritaskan chat penting. Arsip Chat akan tetap diarsipkan dan mute namun Anda tetap bisa mengubahnya kembali," tulis WhatsApp dalam akun resminya seperti dilansir, Kamis (14/4/2022).

Fitur WhatsApp tersebut membuat chat kontak pengguna lain bisa dibisukan saat ada pesan baru yang masuk. Semua obrolan akan diarsipkan dan tetap tersimpan secara permanen.

Secara default, fitur akan memisahkan chat meskipun ada pesan baru yang masuk. Saat chat masuk maka tidak akan ada notifikasi apapun, kecuali jika nama Anda disebut dan pesan dibalas.

Dalam blog resminya, WhatsApp menjelaskan fitur itu bertujuan untuk pengguna punya lebih banyak kontrol atas kotak masuk. Selain itu pesan tetap ada di atas chat terpenting pengguna.

Inilah cara memakai fitur Archived Chat:

  • Buka aplikasi WhatsApp, masuk ke Setting -> Chats -> nyalakan toggle Keep Chat Archived
  • Kembali ke daftar chat, tentukan kontak yang chatnya ingin dihindari
  • Select chat dengan cara dipencet agak lama dan keluar tanda centang
  • Jadikan arsip dengan cara klik tombol arsip, yaitu ikon folder dengan panah ke bawah.
  • Arsip akan muncul di atas daftar chat dan sudah dalam kondisi mute

Cara mengembalikan Archived Chat:

  • Untuk membatalkan, cukup masuk ke arsip jika tombol Keep Chat Archived masih on. Pilih chat yang hendak dibatalkan dengan dipencet agak lama sampai keluar tanda centang
  • Pilih keluar dari arsip dengan klik ikon folder dengan panah ke atas
  • Atau cara kedua, jika tombol Keep Chat Archived sedang off, cukup ketik nama kontak di chat, pencet agak lama. Akan keluar beberapa pilihan, dan pilihlah Unarchive Chat
  • Dengan demikian, chat yang diarsipkan pun kembali menjadi chat biasa

Selamat mencoba! Informasi terkait bisa dibaca juga DI SINI.



Simak Video "WhatsApp Aero Suguhkan Fitur Menarik, Amankah?"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)