10 Penyebab Akun WhatsApp Anda Terancam Diblokir

10 Penyebab Akun WhatsApp Anda Terancam Diblokir

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 14 Apr 2022 15:42 WIB
Ilustrasi perempuan menggunakan ponsel
Ilustrasi mengakses WhatsApp. Foto: iStock
Jakarta -

Suatu akun WhatsApp bisa saja diblokir oleh pihak WhatsApp terkait beberapa alasan. Apa saja?

Berikut di antaranya yang dikutip detikINET dari Marca, Kamis (14/4/2022):

1. Tak memakai aplikasi resmi

Ada beberapa versi WhatsApp tidak resmi yang cukup populer, misalnya saja WhatsApp Plus. Namun pihak WhatsApp tidak mengizinkan pemakaian akun tidak resmi dan beberapa kali razia termasuk dengan menghapus akun yang memakainya.

2. Membuat terlalu banyak grup

WhatsApp kabarnya mengincar akun yang menciptakan grup dalam jumlah yang sangat banyak. Namun tidak jelas seberapa banyak sampai dianggap mencurigakan.

3. Menyalahgunakan broadcast

Umum memakai fitur broadcast, misalnya untuk mengumumkan sesuatu atau event tertentu. Bisa juga sebagai ucapan selamat hari raya. Namun jangan terlalu sering. "Penggunaan pesan siaran secara berulang-ulang dapat mengakibatkan orang lain melaporkan pesan Anda, dan kami akan memblokir akun yang telah dilaporkan berkali-kali," sebut WhatsApp.

4. Aksi mencurigakan

Digunakan oleh miliaran orang, tentu ada banyak kaum kriminal memakai WhatsApp. Jadi jika terpantau suatu akun melakukan tindakan mencurigakan, WhatsApp takkan segan memblokirnya. Walau tak bisa membaca pesan, WhatsApp punya teknologi untuk mendeteksinya.

5. Melanggar ketentuan layanan

"Ketentuan Layanan kami melarang, antara lain, memublikasikan berita palsu dan terlibat dalam perilaku ilegal, mengancam, mengintimidasi, penuh kebencian, dan menyinggung ras atau suku," tulis WhatsApp.

6. Mengirim pesan terautomasi atau dalam jumlah besar

WhatsApp memperingatkan jangan mengirim pesan dalam jumlah besar, mengirim pesan otomatis, atau memanggil otomatis menggunakan WhatsApp. "WhatsApp menggunakan teknologi pemelajaran mesin dan laporan dari pengguna untuk mendeteksi dan memblokir akun yang mengirim pesan terautomasi yang tidak diinginkan," tulis WhatsApp.

Halaman selanjutnya, mengambil informasi pribadi>>>