Pengguna Aplikasi Bibit Didominasi Milenial, Apa Saja Sih Fiturnya?

Pengguna Aplikasi Bibit Didominasi Milenial, Apa Saja Sih Fiturnya?

Jihaan Khoirunnisa - detikInet
Jumat, 01 Apr 2022 19:52 WIB
Ilustrasi Investasi
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Aplikasi investasi reksa dana dan Surat Berharga Negara (SBN), Bibit.id didominasi oleh investor pemula yang berusia 18-35 tahun. Adapun kebanyakan dari mereka berasal dari kalangan pelajar, fresh graduate, ibu rumah tangga, pekerja kantoran, hingga orang tua muda.

"Sebagai aplikasi investasi favorit penggunanya, yang notabene didominasi oleh generasi milenial di 500 kota di seluruh Indonesia, Bibit menyadari arti pentingnya upaya-upaya digital marketing yang menarik, bermanfaat, namun juga terukur," kata Head of Digital Marketing Bibit Angie Anandita Tjhatra dalam keterangan tertulis, Jumat (4/1/2022).

Menurutnya, mayoritas pengguna Bibit menginginkan kemudahan serta kecepatan dalam beraktivitas, terutama berinvestasi. Hal tersebut mendorong pihaknya untuk terus berinovasi dalam menciptakan fitur-fitur yang sesuai kebutuhan investasi masyarakat.

"Di samping berbagai inisiatif digital marketing, Bibit juga terus berinovasi dalam menghadirkan fitur-fitur yang relevan dan solutif terhadap kebutuhan pengguna," katanya.

Lebih lanjut, di acara Google APAC Finance Summit 2022 yang dihelat secara virtual, Angie memaparkan deretan fitur unggulan dari aplikasi Bibit.id. Pertama, fitur Nabung Rutin untuk mempermudah berinvestasi secara konsisten, baik dalam skala harian, mingguan maupun bulanan. Dikatakannya, fitur Nabung Rutin dapat dengan mudah digunakan oleh investor yang menggunakan GoPay dan Bank Jago.

Selanjutnya, ada fitur Bibit Bareng yang memungkinkan pengguna menabung reksa dana bersama teman dan keluarga di dalam satu portofolio. Dengan fitur ini, maka pengguna bisa menyusun dan mencapai tujuan finansial bersama. Misalnya saja bagi pasangan yang ingin menabung untuk persiapan menikah. Atau orang tua yang ingin mulai mempersiapkan biaya pendidikan anak. Terakhir, di samping produk reksa dana konvensional, Bibit juga menghadirkan produk-produk reksa dana Syariah.

"Inovasi kami tidak berhenti sampai di sini. Kami sedang mempersiapkan fitur-fitur lainnya untuk memastikan agar setiap pengguna dapat berinvestasi di Bibit dengan aman, nyaman, dan menyenangkan," jelasnya.

Diungkapkan Angie, inovasi-inovasi tersebut mengantarkan Bibit.id meraih penghargaan Indonesia WOW Brand 2022 dari MarkPlus, Inc. untuk kategori aplikasi investasi. Setelah sebelumnya dinobatkan sebagai 'The Best Fintech Company' dalam gelaran CNBC Indonesia Awards 2021.

Bersambung ke halaman selanjutnya >>>