DM Instagram Kedatangan Banyak Fitur Baru, Apa Saja?

DM Instagram Kedatangan Banyak Fitur Baru, Apa Saja?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 01 Apr 2022 11:49 WIB
Fitur baru DM Instagram
DM Instagram Kedatangan Banyak Fitur Baru, Apa Saja? Foto: Dok. Instagram
Jakarta -

Instagram menghadirkan tujuh fitur baru untuk Direct Message (DM). Salah satunya opsi untuk membalas DM langsung dari feed tanpa perlu membuka menu DM.

Tujuh fitur baru ini diluncurkan beberapa bulan setelah Head of Instagram Adam Mosseri mengumumkan bahwa platform media sosial milik Meta itu akan fokus mengembangkan messaging tahun ini.

Beberapa dari fitur baru DM Instagram ini dibawa dari Facebook Messenger. Hal ini tidak mengejutkan mengingat beberapa tahun terakhir Meta berusaha mengintegrasikan DM Instagram dan Messenger.

Seperti dikutip dari TechCrunch, Jumat (1/4/2022) tujuh fitur baru yang diluncurkan untuk DM Instagram adalah:

  • Music sharing: Pengguna bisa membagikan klip musik berdurasi 30 detik di chat berkat integrasi Instagram dengan Apple Music, Amazon, dan Spotify.
  • Reply while browsing: Pengguna bisa membalas pesan yang masuk langsung dari Feed, tanpa perlu berhenti browsing untuk membuka inbox.
  • Quick sending: Pengguna bisa mengetuk dan menahan tombol share untuk membagikan postingan ke empat teman terdekat.
  • Status: Di bagian atas inbox kalian bisa melihat daftar teman yang online, mirip seperti tampilan di Messenger.
  • Silent messages: Pengguna bisa mengirimkan pesan ke temannya tanpa mengganggu mereka, misalnya saat mereka sibuk atau sedang tidur. Caranya hanya dengan menambahkan '@silent' di pesan.
  • Tema chat lo-fi: Tema baru yang dirancang untuk membuat chat jadi lebih personal.
  • Polls: Pengguna bisa menggunakan stiker Poll untuk membuat pemungutan suara langsung di group chat.

Perlu dicatat bahwa beberapa fitur baru ini hanya akan tersedia untuk pengguna yang sudah upgrade ke DM Instagram versi terbaru yang dikenalkan pada musim gugur tahun 2020. Instagram mengatakan hanya fitur music sharing, tema chat, dan quick-send yang bisa diakses oleh pengguna yang belum upgrade ke DM versi baru.

Fitur baru DM InstagramFitur baru DM Instagram Foto: Dok. Instagram

Sederet fitur baru untuk DM Instagram diluncurkan tidak lama setelah mereka mematikan aplikasi messaging Thread pada Desember 2021. Saat itu mereka mengatakan akan membawa beberapa fitur unik Threads ke aplikasi utama Instagram.

Fitur-fitur baru Instagram ini tidak akan langsung tersedia untuk semua pengguna. Instagram mengatakan fitur baru ini awalnya akan tersedia di beberapa negara sebelum diluncurkan secara global.



Simak Video "Asyik! Instagram Bakal Uji Coba Fitur Share Koleksi NFT"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)