Semua Pengguna Instagram Kini Bisa Pakai Fitur Tag Product

Semua Pengguna Instagram Kini Bisa Pakai Fitur Tag Product

Josina - detikInet
Kamis, 24 Mar 2022 11:15 WIB
LONDON, ENGLAND - AUGUST 03:  The Instagram logo is displayed within the opened app on an iPhone on August 3, 2016 in London, England.  (Photo by Carl Court/Getty Images)
Foto: Carl Court/Getty Images
Jakarta -

Semua pengguna di Instagram kini dapat menggunakan fitur tag produk, sebelumnya fitur ini hanya tersedia untuk kreator atau akun bisnis. Selama beberapa tahun terakhir ini, Instagram memang secara bertahap tengah beralih ke penjualan produk langsung dari dalam aplikasi.

Pembaruan fitur ini kemudian diperluas ke tak hanya pada postingan foto di feeds tapi juga ke Stories video hingga Reels demikian dengan fitur tag produk ini pengguna akan lebih mudah mengidentifikasi produk yang ditampilkan.

Fitur tag product pertama kali diperkenalkan Instagram pada tahun 2016 lalu sebagai upaya mereka untuk membuka peluang bisnis dalam aplikasi.

Tampilan fitur tag produk di InstagramTampilan fitur tag produk di Instagram. Foto: Instagram

Untuk mengguna fitur tag ini, kamu harus terlebih dahulu menandai merek item tersebut. Setelah membuat postingan dan melakukan penyesuai yang diperlukan, beri tag pada merek menggunakan opsi 'Tandai Orang'.

Kemudian, akan muncul opsi 'tag produk' setelah itu kamu dapat mengetuk produk di gambar dan memilih produk dari daftar item merek.

Nantinya pengguna lain dapat mengetuk produk dan membelinya melalui tautan atau langsung dari aplikasi. Instagram saat ini sedang menguji program afiliasi dengan kreator yang berpotensi menghasilkan dari penjualan yang mereka konversi.

Untuk akun bisnis juga dapat melihat produk mereka diberi tag dan dapat memilih apakah tag tersebut muncul di 'tagged tab' dan akun Bisnis juga dapat menonaktifkan tag agar tidak muncul pada profil mereka.

Sayangnya fitur ini masih hanya tersedia untuk pengguna Amerika Serikat, tapi Instagram mengatakan dalam beberapa bulan mendatang akan diluncurkan untuk semua pengguna sebagaimana dilansir detikINET dari GSM Arena, Kamis (24/3/2022).



Simak Video "Bocoran Empat Prioritas Instagram di 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)