iOS 15.4 Dikeluhkan Bikin Baterai iPhone Boros

iOS 15.4 Dikeluhkan Bikin Baterai iPhone Boros

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 21 Mar 2022 15:16 WIB
Jakarta -

Minggu lalu Apple mulai menyebar iOS 15.4 ke pengguna iPhone. Fitur andalannya adalah Face ID yang tetap bisa mengenali wajah pengguna meski memakai masker.

Ini adalah fitur sebenarnya sangat penting, dan terbilang sudah cukup terlambat juga kehadirannya. Mengingat semua orang saat ini (seharusnya) menggunakan masker saat ke luar rumah.

Agar fitur ini bisa dipakai, pengguna harus melakukan pemindaian wajahnya lagi. Yaitu untuk merekam informasi lebih banyak dari wajah pengguna, terutama di bagian sekitar mata, karena bagian lainnya tertutup masker.

Namun di balik fitur penting tersebut, ada perbaikan lain yang tak kalah penting. Yaitu ditambalnya 39 celah keamanan, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Senin (21/3/2022).

Hanya saja, pembaruan ini juga dikeluhkan oleh beberapa pengguna, karena konsumsi baterai iPhone-nya menjadi sangat boros. Salah satunya Alex Kretzschmar lewat akun Twitter @IronicBadger.

"Konsumsi baterai di iOS 15.4 gila. Saya bisa bilang kalau daya tahan baterai saya hari ini hanya setengah dari (daya tahan baterai) minggu lalu. Mengejutkan!" ujarnya.

Lalu ada juga Maxim Shishko (@lamaks_3) yang menuliskan kalau konsumsi daya baterai di iOS 15.4 benar-benar parah.

"Daya tahan baterai iOS 15.4 benar-benar buruk. Setelah 24 jam - 80%, layar aktif tak lebih dari dua jam dan saya hanya menggunakan Safari, YouTube, Instagram, Uber. (iPhone 11 battery capacity 93%)," ujarnya.

Sebenarnya, konsumsi daya baterai yang berlebihan setelah melakukan pembaruan sistem operasi itu hal biasa. Karena setelah pembaruan selesai, biasanya masih akan terjadi pembaruan lain yang berjalan di background dan tak terlihat pengguna.

Jadi seharusnya beberapa hari setelah pembaruan baru bisa dipastikan apakah memang ada masalah konsumsi daya yang berlebihan atau tidak. Dan Apple pun (lagi-lagi seharusnya), tak akan tinggal diam jika memang ada masalah dalam pembaruan sistem oeprasinya dan membuat perbaikan.

(asj/fay)