Instagram Tambahkan Opsi Tag, Kabar Baik untuk Kreator Konten

Instagram Tambahkan Opsi Tag, Kabar Baik untuk Kreator Konten

Josina - detikInet
Jumat, 11 Mar 2022 11:15 WIB
ilustrasi instagram
Foto: Carl Court/Getty Images
Jakarta -

Instagram memperkenalkan opsi tag baru yang dapat menampilkan lebih banyak detail tentang seseorang yang turut membantu atau kredit kolaborator dalam sebuah postingan berupa kolaborasi ataupun iklan.

Dengan fitur tag ini akan menunjukkan secara detail peran mereka seperti fotografer, artis, hingga penulis. Sehingga pengguna bisa tahu siapa mereka yang terlibat dalam postingan foto tersebut.

"Kredit dan pengakuan kreatif yang tepat adalah titik awal untuk penemuan, peluang baru, dan pemberdayaan ekonomi," kata Instagram dalam postingan blog mereka.

Dalam mengumumkan opsi penandaan yang diperbarui, Instagram mengakui bahwa banyak kerja kolaborator dilakukan untuk membuat konten yang dilihat pengguna di aplikasi.

Tampilan fitur tag baru di InstagramTampilan fitur tag baru di Instagram. Foto: Instagram

"Bagi banyak kreator kulit hitam dan yang kurang terwakili, pemberian kredit adalah jalan masuk untuk membangun karier yang berkelanjutan sebagai kreator, sambil memerangi diskriminasi budaya dan memastikan dunia tahu siapa yang mendorong budaya," lanjutnya.

Instagram mengatakan bahwa fitur tersebut akan digunakan untuk menyoroti kreator di balik layar yang terkadang tidak diketahui atau tidak diakui, seperti penata rias atau penulis lagu.

Fitur Tag adalah cara yang lebih resmi untuk menampilkan apa yang telah menjadi kebiasaan beberapa pembuat konten sebagaimana dilansir detiKINET dari The Verge, Jumat (11/3/2022).

Untuk menggunakan tag baru yang disempurnakan, kamu perlu mengetuk 'Tandai Orang' saat membuat postingan. Lalu ketuk 'Tambahkan Tag' dan mencari serta memilih kontributor.

Kemudian kamu dapat memilih 'Show Profile Category' untuk menampilkan kategori kreator, seperti 'stylist' atau 'photographer'

Pengguna Instagram telah menemukan beberapa metode DIY untuk memberi kredit orang-orang yang terlibat dalam pembuatan konten.

Beberapa pengguna menyebutkan peran dalam keterangan posting dan menandai kolaborator di sana, sementara yang lain telah menandai serangkaian penandaan langsung pada foto atau video yang diposting.



Simak Video "Bocoran Empat Prioritas Instagram di 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)