Instagram Hilangkan Boomerang dan Hyperlapse dari Toko Aplikasi

Instagram Hilangkan Boomerang dan Hyperlapse dari Toko Aplikasi

ADVERTISEMENT

Instagram Hilangkan Boomerang dan Hyperlapse dari Toko Aplikasi

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 08 Mar 2022 11:18 WIB
Social networking service concept. communication network.
Instagram Tarik Boomerang dan Hyperlapse dari Toko Aplikasi Foto: Getty Images/iStockphoto/metamorworks
Jakarta -

Instagram kembali menarik aplikasi terpisahnya dari Apple App Store dan Google Play Store. Kali ini giliran aplikasi Boomerang dan Hyperlapse yang dipensiunkan.

"Kami telah mencabut dukungan untuk aplikasi Boomerang dan Hyperlapse untuk lebih memfokuskan upaya kami pada aplikasi utama," kata juru bicara Instagram Christine Pai dalam keterangan resminya, seperti dikutip dari The Verge, Selasa (8/3/2022).

"Boomerang masih didukung dalam aplikasi utama di Stories, dan Layout tetap akan menjadi aplikasi mandiri di Store. Kami akan terus mengembangkan cara baru bagi orang-orang untuk berkreasi dan bersenang-senang di Instagram," sambungnya.

Dihilangkannya Boomerang dan Hyperlapse dari toko aplikasi terkuak tidak lama setelah Instagram mengumumkan akan mematikan aplikasi IGTV. Aplikasi itu akan dihilangkan dari toko aplikasi pada pertengahan Maret agar Instagram bisa fokus menempatkan semua videonya di aplikasi utama.

Menurut data AppTopia, Boomerang dan Hyperlapse terakhir kali berada di toko aplikasi pada 1 Maret. Dari dua aplikasi tersebut, Boomerang memiliki lebih banyak pengguna, dengan jumlah download mencapai 301 juta.

Sebelum dihapus, Boomerang juga masih cukup populer karena masih diunduh sekitar 26.000 kali setiap harinya. Sementara itu, Hyperlapse telah diunduh sebanyak 23 juta kali, dan jumlah instalasinya terbilang sedikit karena aplikasi ini hanya tersedia di iOS.

Aplikasi Boomerang pertama kali dirilis pada tahun 2015. Fungsi utama aplikasi ini adalah menciptakan video pendek berulang yang bisa diunggah di Instagram atau Facebook.

Pada tahun 2016, fitur dari aplikasi ini dimasukkan ke aplikasi utama Instagram. Meski aplikasinya sudah dihapus, pengguna bisa mengakses fitur Boomerang lewat Instagram Stories.

Sedangkan Hyperlapse diluncurkan pertama kali pada tahun 2014. Aplikasi ini memungkinkan pengguna membuat video time-lapse yang terlihat profesional dan menawarkan stabilisasi video yang mumpuni. Tidak diketahui apakah fitur dari aplikasi ini akan dibawa ke aplikasi utama Instagram.



Simak Video "Instagram Bakal Rilis Fitur Schedule Post, Ini Fungsinya"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT