Instagram Diam-diam Tingkatkan Batas Waktu Harian Minimum

Instagram Diam-diam Tingkatkan Batas Waktu Harian Minimum

Josina - detikInet
Rabu, 23 Feb 2022 18:19 WIB
ilustrasi instagram
Foto: Carl Court/Getty Images
Jakarta -

Dalam beberapa tahun terakhir, Instagram dan Facebook telah menawarkan cara untuk pengguna dapat melihat berapa lama mereka telah menghabiskan waktu dalam menggunakan aplikasi mereka setiap harinya, serta adanya pilihan bagi pengguna untuk mengatur batas waktu penggunaan harian mereka.

Namun kini tampaknya Instagram telah meningkatkan pengaturan waktu harian minimum menjadi 30 menit, sebelumnya 10 atau 15 menit.

Seorang pengguna Instagram mengatakan kepada TechCrunch bahwa aplikasi tersebut meminta mereka untuk menetapkan nilai baru untuk batas waktu harian mereka, meskipun mencatat bahwa mereka dapat mempertahankan pengaturan yang ada.

"Nilai yang tersedia untuk batas waktu harian berubah sebagai bagian dari pembaruan aplikasi," bunyi pop-up tersebut diberitakan TechChrunch seperti dilihat Rabu (23/2/2022).

Pada pengaturan di Facebook lebih terperinci di mana pengguna dapat memilih batas waktu dengan penambahan lima menit. Ketika pengguna mencapai batas waktu yang mereka pilih di salah satu aplikasi, pemberitahuan muncul untuk memberi tahu mereka, meskipun mereka dapat mengabaikannya.

Pada saat meluncurkan fitur Batas Harian, Meta mengatakan tujuannya untuk memberi orang lebih banyak kontrol atas lamanya waktu yang mereka habiskan di aplikasinya dan untuk mendorong percakapan antara orang tua dan remaja tentang kebiasaan online yang sehat.

Pada bulan November, Instagram mulai menguji fitur "Take A Break" untuk mengingatkan pengguna, terutama remaja untuk sering meletakkan ponsel mereka. Tidak jelas mengapa Instagram mengubah aturan dengan meningkatkan batas waktu minimum harian.

Namun, menariknya mengingat pengguna aktif harian Facebook turun untuk pertama kalinya pada kuartal keempat 2021 sementara pertumbuhan pengguna di seluruh keluarga aplikasi Meta (Facebook, Instagram, dan WhatsApp) tetap hampir rata.

Meta mengharapkan pertumbuhan pendapatan yang lebih lambat tahun ini karena lebih banyak persaingan untuk waktu orang dan pengguna lebih memperhatikan fitur yang menghasilkan lebih sedikit pendapatan, seperti Reels.

Meningkatkan batas waktu dan membuat pengguna menggulir Instagram dan melihat iklan lebih lama, bisa menjadi salah satu cara untuk mengimbangi masalah pendapatan tersebut.

Pada bulan Oktober, Senator Richard Blumenthal mengatakan Meta tahu bahwa produknya dapat membuat ketagihan dan beracun bagi anak-anak.

Awal bulan ini, RUU bipartisan diperkenalkan di Senat dengan tujuan meminta Komisi Perdagangan Federal untuk mempelajari cara-cara mengurangi bahaya amplifikasi algoritmik dan kecanduan media sosial pada platform tertutup.



Simak Video "Bocoran Empat Prioritas Instagram di 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)