Ratusan Aplikasi Latah Pakai Nama Metaverse Demi Gaet Pengguna

Ratusan Aplikasi Latah Pakai Nama Metaverse Demi Gaet Pengguna

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 06 Feb 2022 19:00 WIB
Ilustrasi Metaverse
Ratusan Aplikasi Latah Pakai Nama Metaverse untuk Gaet Pengguna Foto: Ilustrasi Metaverse
Jakarta -

Dunia metaverse yang diimpikan banyak tokoh teknologi mungkin belum sepenuhnya terwujud. Tapi itu tidak menghentikan developer untuk menggunakan istilah tersebut demi mempromosikan aplikasi dan game buatannya.

Berdasarkan data terbaru dari Sensor Tower, saat ini ada 552 aplikasi mobile yang menggunakan nama metaverse di judul atau deskripsi aplikasinya. Menariknya, sebagian besar dari ratusan aplikasi ini baru ditambahkan dalam beberapa bulan terakhir.

Dari semua aplikasi yang ada di Google Play Store dan Apple App Store, setidaknya ada 86 aplikasi yang memasukkan nama metaverse di judul atau deskripsinya antara November 2021 dan Januari 2022.

Periode ini mengikuti pengumuman pergantian nama Facebook menjadi Meta dan rencana mereka untuk mengembangkan teknologi metaverse di masa depan.

Meskipun Facebook/Meta tidak mengklaim telah membangun metaverse yang sesungguhnya, istilah ini langsung digunakan untuk mendeskripsikan dunia online di mana orang-orang bisa berinteraksi secara virtual.

Setelah Facebook mengumumkan fokusnya dalam mengembangkan metaverse pada 28 Oktober, jumlah aplikasi yang mengusung nama metaverse naik 66% month-over-month pada bulan November. Pada akhir November, ada 28 aplikasi yang mengusung nama metaverse, dua kali lipat dari 11 aplikasi pada bulan Oktober.

Sensor Tower juga menganalisisi jenis aplikasi apa saja yang latah menggunakan nama metaverse. Ternyata, selain membawa nama metaverse, aplikasi-aplikasi ini juga mencatut nama tren teknologi lainnya seperti kripto, NFT, AR, dan VR.

Aplikasi yang menggunakan nama metaverse rupanya tersebar di banyak kategori, tidak hanya game dan aplikasi keuangan kripto. Tapi kategori Game memang mendominasi dengan 107 aplikasi atau 19% dari total aplikasi, seperti dikutip dari TechCrunch, Minggu (6/2/2022).

Selanjutnya ada kategori Finance dengan 101 aplikasi metaverse. Keduanya diikuti oleh kategori Social (70 aplikasi), Entertainment (57 aplikasi), Books (37 aplikasi), Lifestyle (33 aplikasi), Tools (26 aplikasi), Business (25 aplikasi), Art and Design (13 aplikasi), dan Education (11 aplikasi).

Apakah penggunaan nama metaverse oleh aplikasi-aplikasi membantu mereka menggaet lebih banyak pengguna masih belum diketahui.



Simak Video "Menengok Metaverse Fashion Week untuk Pertama Kalinya"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)