Update Telegram Bawa Fitur Baru, Berkirim Pesan Lebih Seru

Update Telegram Bawa Fitur Baru, Berkirim Pesan Lebih Seru

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 02 Feb 2022 15:15 WIB
Telegram
Telegram 8.5 dirilis bawa fitur baru. Foto: Telegram
Jakarta -

Telegram telah merilis pembaruan baru versi 8.5 untuk perangkat Android dan iOS. Sejumlah fitur baru diberikan membuat berkirim pesan tambah seru, apa saja?

1. Stiker Video

Telegram telah mempermudah membuat stiker kustom sendiri sekarang. Bajkan kini pengguna dapat membuat stiker animasi terperinci dari video biasa menggunakan program pengeditan video apa pun. Seperti biasa stiker dapat dipublish menggunakan bot @Stickers atau atau menambahkan beberapa set baru yang dibuat oleh orang lain.

2. Emoji Reaksi Animasi

Reaksi emoji terhadap pesan ditambahkan di pembaruan sebelumnya. Memungkinkan pengguna untuk bereaksi terhadap pesan individual dalam obrolan dengan emoji.

Fitur tersebut kini telah ditingkatkan dengan animasi yang lebih ringkas dan tombol baru untuk reaksi yang tidak terlihat. Pengguna dapat menekan dan menahan reaksi di menu untuk efek yang lebih besar.

Seperti halnya emoji interaktif, reaksi sekarang disinkronkan, sehingga penerima akan melihat animasi secara real time. Tidak hanya digunakan untuk mengekspresikan emosi, reaksi juga bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan dan memberikan persetujuan.

Telegram memberikan 5 reaksi baru yakni: 🥰🤯🤔🤬👏 . Reaksi ini dapat juga dikirim sebagai emoji interkatif. Cukup kirim reaksi tadi di obrolan pribadi, kemudian ketuk animasi untuk menampilkan efek selayar penuh.

3. Navigasi obrolan terbaru

Ada pintasan baru untuk bernavigasi di antara Channel yang belum dibaca. Tekan dan tahan tombol 'Kembali'. Ini akan membawa menu kecil yang terdiri dari obrolan yang baru saja diakses.

4. Perbaikan Bug

Perubahan lainnya termasuk peningkatan kualitas panggilan, opsi untuk mengirim pesan senyap dari menu berbagi, dukungan untuk terjemahan ke halaman Tampilan Instan dan tentu saja, berbagai perbaikan bug.

Pada iOS, pengguna juga akan melihat animasi baru saat ketuk lambang di bilah.

Pembaruan Telegram 8.5 sudah tersedia untuk semua pengguna iOS, untuk Android dapat mengunduh Telegram langsung melalui telegram.org/android. Versi Google Play saat ini sedang ditinjau dan akan tersedia nanti.



Simak Video "Gegara Salah Cek Email, Telegram Dibekukan di Brasil"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)