Backup WhatsApp di Android Tak Lagi "Gratis"?

ADVERTISEMENT

Backup WhatsApp di Android Tak Lagi "Gratis"?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 01 Feb 2022 21:00 WIB
Bangkok, Thailand - JUN 18, 2018: social medial app iPhone mobile phone with blue screen background technology business smartphone digital communication facebook and internet editorial
WhatsApp Akan Hilangkan Backup Google Drive Unlimited? Foto: Getty Images/iStockphoto/Wiyada Arunwaikit
Jakarta -

Pengguna WhatsApp di Android bisa mencadangkan data mereka ke Google Drive secara unlimited. Sayangnya, privilese untuk pengguna WhatsApp di Android ini sepertinya akan hilang dalam waktu dekat.

Laman WABetaInfo menemukan sederet kode yang mengindikasikan bahwa WhatsApp akan menghilangkan backup Google Drive unlimited untuk pengguna Android.

Dari screenshot yang mereka bagikan ada beberapa bagian yang disoroti, termasuk peringatan bahwa WhatsApp akan mengenalkan perubahan untuk backup di Google Drive.

Ada juga kode yang berisi notifikasi bahwa Google Drive sudah hampir penuh, saat backup sudah melebihi kuota, dan informasi tentang kapan perubahan ini akan diterapkan, seperti dikutip dari WABetaInfo, Selasa (1/2/2022).

Berdasarkan deretan kode ini, Google masih akan menawarkan kuota penyimpanan Google Drive gratis untuk pengguna WhatsApp, tapi kapasitasnya akan dibatasi dan saat ini belum diketahui informasi lengkapnya.

Barisan kode soal penyimpanan WhatsApp di Google Drive yang ditemukan WABetaInfoBarisan kode soal penyimpanan WhatsApp di Google Drive yang ditemukan WABetaInfo Foto: WABetaInfo

Google Drive sendiri memiliki paket gratis dengan penyimpanan sebesar 15GB untuk pengguna. Semoga saja kuota penyimpanan untuk WhatsApp ini tidak akan mengambil kuota 15GB tersebut.

Jika benar terjadi, perubahan ini hanya akan mempengaruhi pengguna WhatsApp di Android. Pasalnya, pengguna WhatsApp di iOS memang sudah dibatasi kapasitas backup-nya oleh iCloud.

Kabar ini datang hanya beberapa bulan setelah WABetaInfo menemukan fitur baru yang memungkinkan pengguna mengelola ukuran data WhatsApp yang dicadangkan di Android. Jadi WhatsApp sudah menyiapkan opsi bagi pengguna untuk mengatur kapasitas backup yang disediakan.

Hal ini juga sebenarnya tidak begitu mengejutkan. Tahun lalu Google juga menghilangkan opsi penyimpanan tanpa batas untuk pengguna Google Photos, jadi langkah ini kemungkinan menjadi cara mereka untuk mengajak pengguna membeli penyimpanan cloud.



Simak Video "WhatsApp Kembangkan Fitur Keamanan Terbaru"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT