Opera Bikin Browser Khusus untuk Kripto

ADVERTISEMENT

Opera Bikin Browser Khusus untuk Kripto

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 21 Jan 2022 10:45 WIB
Opera Crypto Browser
Opera Bikin Browser Khusus untuk Kripto Foto: dok. Opera
Jakarta -

Opera kembali merilis browser khusus yang unik. Setelah sebelumnya pernah mengeluarkan browser khusus gaming, kali ini Opera merilis browser khusus untuk kripto.

Opera Crypto Browser saat ini masih dalam fase beta. Browser ini hadir dengan sederet fitur terkait kripto dan blockchain seperti dompet kripto built-in, akses ke penukaran mata uang kripto dan NFT, dukungan untuk aplikasi terdesentralisasi (dApps), dan lain-lain.

Salah satu fitur utamanya adalah dompet kripto non-custodial yang artinya tidak dikontrol oleh pihak ketiga. Dompet ini mendukung blockchain seperti Ethereum, Bitcoin, Celo, Nervos, Polygon, dan lain-lain.

Fitur ini bertujuan untuk memudahkan pengguna mengakses aset kriptonya tanpa perlu ekstensi tambahan, lengkap dengan opsi menggunakan dompet dari pihak ketiga. Pengguna juga bisa membeli kripto seperti ethereum lewat Ramp menggunakan kartu kredit Visa atau Mastercard.

Pengguna juga bisa langsung membeli NFT di marketplace seperti OpenSea dan Rarible. Untuk meningkatkan keamanannya, Opera juga menyisipkan fitur secure keyboard yang memastikan aplikasi lain tidak bisa mengintip data kalian saat sedang copy/paste.

Benang merah dari browser khusus kripto ini adalah dukungan untuk Web3 yang sedang hype. Web3 merupakan konsep yang digadang akan menjadi masa depan internet, di mana semua data akan berbasis blockchain.

"Terlalu sedikit pengalaman browsing yang ditawarkan dibangun dengan tujuan menempatkan Web3 sebagai pusat perhatian dan membuat teknologi blockchain mudah digunakan," kata Lead Crypto Ecosystem Opera Susie Batt, seperti dikutip dari Mashable, Kamis (20/1/2022).

"Keyakinan kami adalah bahwa dunia blockchain membutuhkan pengalaman browsing yang benar-benar khusus," sambungnya.

Selain menyediakan perlindungan ekstra lewat enkripsi blockchain, Opera Crypto Browser juga memungkinan pengguna mengakses 'GameFi' di mana pengguna bisa memainkan game dan mendapatkan uang.

Opera bukan satu-satunya pencipta browser yang terjun ke dunia blockchain dan kripto. Belum lama ini Mozilla mengumumkan bahwa mereka akan mulai menerima sumbangan dalam bentuk kripto, tapi kebijakan ini ditentang karena dampak blockchain terhadap lingkungan.

Saat ini Opera Crypto Browser tersedia di Android, Windows, dan Mac. Versi iOS-nya akan menyusul kemudian.



Simak Video "5 Browser untuk Menjelajah Deep Web"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT