Sebelum Tutup Tahun, Telegram Hadirkan Banyak Fitur Ciamik

Sebelum Tutup Tahun, Telegram Hadirkan Banyak Fitur Ciamik

Josina - detikInet
Jumat, 31 Des 2021 18:46 WIB
LONDON, ENGLAND - MAY 25:  A close-up view of the Telegram messaging app is seen on a smart phone on May 25, 2017 in London, England. Telegram, an encrypted messaging app, has been used as a secure communications tool by Islamic State. (Photo by Carl Court/Getty Images)
Foto: Carl Court/Getty Images
Jakarta -

Hari terakhir tahun 2021, Telegram mengumumkan telah memperbarui layanannya dengan menghadirkan banyak fitur ciamik seperti reaksi pesan, terjemahan, teks tersembunyi, kode QR, dan masih banyak lagi.

Untuk fitur Reaksi pesan, memungkinkan pengguna dapat memberikan emoji ke pesan yang mereka terima. Uniknya jika di Facebook Messeger emoji reaksi sudah default, di Telegram pengguna bisa menambahkan banyak emoji yang diinginkan.

Untuk menambah emoji Reaksi ini pengguna dapat mengetuk dua kali pada gelembung pesan dan emoji jempol kecil akan muncul di bagian bawa pesan tersebut. Untuk mengubah deretan emoji reaksi caranya buka Pengaturan > Stiker dan Emoji > Reaksi Cepat.

Lalu fitur interaktif lainnya ada menyembunyikan teks, pengguna dapat menyembunyikan teks pesan misal seperti sedang membahas cerita film di obrolan grup nah biar pengguna lain dalam grup tidak kena spoiler maka pembahasan tersebut akan ditampilkan secara blur dan untuk membuka teksnya cukup mengetuk pesannya. Saat mengetik pesan, pilih teks yang ingin disembunyikan, ketuk B/I/U di menu popover hitam dan ketuk Spoiler.

Fitur baru lainnya adalah terjemahan yang menawarkan kemampuan untuk menerjemahkan pesan apapun ke bahasa lain di dalam aplikasi. Terjemahan dapat diaktifkan di aplikasi di bawah Pengaturan > Bahasa, lalu ketuk mengetuk dan tahan pesan untuk menerjemahkannya ke dalam bahasa yang diinginkan.

Pengguna juga dapat mengecualikan bahasa apa pun yang digunakan dengan lancar untuk menyembunyikan tombol terjemahkan untuk pesan tersebut.

Fitur baru lainnya adalah kemampuan untuk menghasilkan kode QR bertema untuk setiap pengguna yang memiliki nama pengguna publik, serta untuk grup, saluran, dan bot. Ada juga tambahan emoji interaktif yang bernyawa saat dikirim, seperti emoji api dan wajah menangis keras.

Dilansir detikINET dari Macrumors, Jumat (31/12/2021) fitur-fitur tersebut akan hadir di perangkat iPhone dan iPad yang dapat berjalan iOS 15 dan iPadOS 15 atau lebih baru. Sayangnya untuk pengguna Telegram di Android belum ada infonya lebih lanjut apakah fitur-fitur tersebut juga akan tersedia atau tidak.

*Anda kini bisa cek harga dan perbandingan smartphone terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.



Simak Video "Telegram Sambut 70 Juta Pengguna Baru Usai WhatsApp Down"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)