Ada Aplikasi Untuk Tahu Mood Kucing Milikmu, Cuma Perlu Kamera

Ada Aplikasi Untuk Tahu Mood Kucing Milikmu, Cuma Perlu Kamera

ADVERTISEMENT

Ada Aplikasi Untuk Tahu Mood Kucing Milikmu, Cuma Perlu Kamera

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 29 Des 2021 08:35 WIB
Asian man with elder cat lying on chest at home.
Ada Aplikasi Untuk Tahu Mood Kucing Milikmu, Cuma Perlu Kamera. Foto: iStock
Jakarta -

Siapa nih yang hobinya foto kucing kesayangan sampai memori di HP habis cuma buat gambar si mpus? Kini, ada alasan lain menggunakan HP untuk hal yang lebih penting buat si kucing.

Perusahaan teknologi Sylvester.ai mengembangkan aplikasi yang diberi nama 'Tably' yang memanfaatkan kamera HP untuk mengetahui mood atau apa yang sedang dirasakan oleh si kucing. Apakah kucing merasakan sakit atau baik-baik saja?

Aplikasi ini memantau dari posisi telinga dan kepala, pandangan kucing, ketegangan moncong, dan bagaimana kumis berubah, untuk mendeteksi rasa tidak nyaman. Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam jurnal peer-review Scientific Reports menemukan bahwa apa yang disebut 'skala meringis kucing', atau FGS, adalah alat yang valid dan andal untuk penilaian nyeri akut pada kucing.

"Ini membantu pemilik kucing mengetahui apakah kucing mereka kesakitan atau tidak," kata Michael Priest, pemimpin usaha Sylvester.ai.

"Kami dapat melatih mesin menggunakan machine learning dan serangkaian gambar," sambungnya sebagaimana dikutip Yahoo! News.

Lebih lanjut, aplikasi ini dirasa dapat membantu dokter hewan muda, kata Dr. Liz Ruelle dari Wild Rose Cat Clinic di Calgary, tempat pengembang melatih algoritme.

"Saya suka bekerja dengan kucing, selalu tumbuh dengan kucing. Untuk rekan-rekan lain, lulusan baru, yang mungkin belum memiliki begitu banyak pengalaman, bisa sangat menakutkan untuk mengetahui - apakah pasien kamu kesakitan?" ucapnya.

Walaupun aplikasi Talby mempelajari pola dari gambar wajah kucing dan dapat membantu, pemilik kucing juga harus melihat seluruh tubuh hewan peliharaan mereka. Hal itu termasuk ekor untuk mencari petunjuk tentang kesehatan kucing.

"Kucing yang khawatir atau takut ekornya sangat erat dan tegang. Selain itu, pikirkan soal perilakunya dalam hal makan, minum, toilet, tidur apakah seperti biasanya?" ucap Alice Potter dari badan amal hewan Inggris RSPCA.

Jadi bagaimana nih detikers, apakah yang sudah pernah memakai aplikasi tersebut atau aplikasi sejenisnya? Apakah aplikasi itu cukup membantumu? Tulis di kolom komentar, ya.



Simak Video "Hati-hati! Ada Komplotan Penipu Wanita di Aplikasi Kencan, Motor Dibawa Kabur"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT