Admin Grup WhatsApp Bakal Bisa Hapus Pesan Anggota

Admin Grup WhatsApp Bakal Bisa Hapus Pesan Anggota

Josina - detikInet
Selasa, 21 Des 2021 17:36 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Foto: dok. Rawpixel
Jakarta -

WhatsApp memberikan banyak fitur untuk layanan grup-nya yang memudahkan admin grup dapat mengontrol dan mengelola grup menjadi lebih baik dan kondusif.

Beberapa fiturnya antara lain admin dapat membatasi kemampuan anggota dalam mengirim pesan bahkan mengeluarkan anggota grup yang tidak patuh. Yang terbaru adalah, admin grup WhatsApp nantinya bisa menghapus pesan yang dikirim oleh anggota grup.

Dilansir detiKINET dari Digital Trends, Selasa (21/12/2021) menurut WABetaInfo fitur tersebut tengah dikerjakan oleh WhatsApp. Saat ini WhatsApp hanya mengizinkan pengirim asli pesan yang menghapus pesan mereka.

Aplikasi juga tidak mengizinkan pesan-pesan tersebut dihapus setelah jangka waktu tertentu sejak dikirim meski dilakukan oleh pengirim aslinya.

Satu-satunya pilihan yang tersisa bagi pengirim adalah opsi "Hapus untuk saya." Namun, ini hanya menghapus pesan dari ponsel mereka, sementara anggota grup lain dapat melihatnya.

Sesuai tangkapan gambar yang dibagikan oleh WABetaInfo, admin grup akan memiliki kemampuan untuk menghapus pesan yang dikirim oleh anggota grup lainnya.

Tangkapan layar juga menunjukkan teks bertuliskan, "Ini telah dihapus oleh admin" yang menggantikan isi dari pesan asli.

Fitur Grup WhatsAppFitur Grup WhatsApp Foto: Dok. WABetaInfo

Fitur baru WhatsApp ini dinilai akan sangat berguna mengingat maraknya pesan-pesan berantai yang berisi hoax mengingat banyak kejadian mengerikan hingga menimbulkan korban jiwa terkait berita palsu di beberapa negara.

Diharapkan admin grup bisa mencegah hal itu terjadi dengan adanya fitur tersebut. Sayangnya fitur ini belum dijelaskan kapan akan dirilis secara resmi mengingat masih dalam tahap uji coba.



Simak Video "WhatsApp Aero Suguhkan Fitur Menarik, Amankah?"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)