Asyik, Last Seen WhatsApp Bakal Disembunyikan

Asyik, Last Seen WhatsApp Bakal Disembunyikan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 14 Des 2021 05:40 WIB
FILE PHOTO: The WhatsApp messaging application is seen on a phone screen August 3, 2017. REUTERS/Thomas White/File Photo
WhatsApp Sembunyikan Last Seen Pengguna dari Orang Tak Dikenal Foto: Dok. REUTERS/Thomas White/File Photo
Jakarta -

Bagi pengguna WhatsApp yang sangat mengutamakan privasi, status Last Seen dan Online merupakan sesuatu yang sensitif. Untungnya WhatsApp kini memiliki langkah privasi baru untuk semakin melindungi status pengguna walaupun tidak menyeluruh.

WABetaInfo melaporkan, WhatsApp akan menyembunyikan status last seen dan online pengguna ke kontak tidak dikenal, jika pengguna tidak pernah chatting dengan mereka sebelumnya.

Beberapa pengguna WhatsApp sudah merasakan efek kebijakan baru ini dan mengatakan mereka tidak bisa melihat last seen beberapa kontak dan akun bisnis. Seperti pengguna Twitter @NiHaolain yang mendapatkan penjelasan langsung dari customer support WhatsApp.



"Untuk meningkatkan privasi dan keamanan pengguna kami, kami akan mempersulit orang-orang yang tidak mengenal Anda dan tidak pernah chatting dengan Anda untuk melihat last online dan kehadiran online di WhatsApp," tulis customer support WhatsApp dalam emailnya kepada @NiHaolain, seperti dikutip dari WABetaInfo, Senin (13/12/2021).

"Ini tidak akan mengubah apapun antara Anda dan teman, keluarga, dan bisnis yang Anda kenal atau pernah berkirim pesan sebelumnya," sambungnya.

Mungkin kalian bertanya-tanya mengapa WhatsApp menerapkan kebijakan baru ini. Kemungkinan hal ini disebabkan oleh banyaknya aplikasi pihak ketiga yang fungsi utamanya untuk melacak dan mengetahui status last seen dan online pengguna lain.

Jika kalian mencari 'WhatsApp last seen tracker' di Google pasti bisa menemukan aplikasi seperti Whats Tracker, Chat Track, atau WaStat dengan mudah. Orang-orang menggunakan aplikasi ini untuk melacak pengguna WhatsApp lainnya supaya mereka tahu kapan pengguna itu terakhir online, dan menggunakan informasi ini untuk mengganggu mereka.

Karena aplikasi pihak ketiga itu tidak pernah chatting dengan kalian, berkat kebijakan baru WhatsApp ini mereka tidak bisa lagi sembarangan melihat status kalian.

Tapi kalau kalian tetap tidak bisa melihat status last seen beberapa kontak yang sudah pernah chatting dengan kalian, kemungkinan karena mereka sudah mengaktifkan pengaturan 'My Contacts Except'. Fitur yang sudah tersedia untuk WhatsApp Android dan iOS versi beta ini memungkinkan pengguna menyembunyikan status last seen dari kontak tertentu.



Simak Video "WhatsApp Aero Suguhkan Fitur Menarik, Amankah?"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)