WhatsApp Hadirkan Versi Baru Fitur Disappearing Messages

ADVERTISEMENT

WhatsApp Hadirkan Versi Baru Fitur Disappearing Messages

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 06 Des 2021 22:01 WIB
Fitur Default Disappearing Messages di WhatsApp
WhatsApp Hadirkan Versi Baru Fitur Disappearing Messages (Foto: Dok. WhatsApp)
Jakarta -

Sejak akhir tahun lalu, WhatsApp memungkinkan pengguna menghapus pesan yang dikirim secara otomatis menggunakan fitur Disappearing Messages. Setahun setelah menghadirkan fitur tersebut, WhatsApp menghadirkan versi terbarunya.

Menurut juru bicara WhatsApp Zafir Khan, fitur baru bernama Default Disappearing Messages ini merupakan bentuk evolusi dari fitur yang diluncurkan tahun lalu.

Dengan fitur ini, pengguna bisa memilih durasi untuk menghapus pesan secara otomatis, dan mengaktifkan fitur disappearing messages secara default untuk semua percakapan individu baru.

"Yang ingin kami coba adalah membuat percakapan jadi seperti face-to-face. Saat ini semua percakapan dibuat permanen, tidak hanya di WhatsApp tapi secara umum di internet," kata Khan dalam wawancara eksklusif dengan detikINET.

"Tapi untuk banyak percakapan, bentuk permanen seperti itu bukan yang diinginkan pengguna kami. Di kehidupan nyata kalian tidak punya penulis catatan permanen yang mengikuti semua percakapan kalian. Karena itu disappearing messages adalah fitur yang terus kami fokuskan," sambungnya.

Khan mengatakan sejak meluncurkan fitur disappearing messages tahun lalu, WhatsApp menerima feedback dari pengguna bahwa fitur ini kadang membuat percakapan jadi canggung saat diaktifkan.

Pengguna yang ingin pesannya terhapus secara otomatis harus mengaktifkan fitur ini satu per satu di semua chatnya dan kadang lawan bicaranya jadi bertanya-tanya kenapa fitur ini diaktifkan.

"Kini dengan pengaturan ini pengguna bisa menghemat waktunya dan mereka bisa memperlihatkan preferensinya saat menggunakan aplikasinya bahwa ini adalah standar bagaimana mereka bercakap-cakap," jelas Khan.

Fitur default disappearing messages bisa diaktifkan untuk semua percakapan individu baru. WhatsApp juga memberikan opsi baru saat membuat grup chat baru yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan disappearing messages secara default di grup.

Jika pengguna mengaktifkan fitur default disappearing messages, WhatsApp akan menampilkan notifikasi di chat yang menunjukkan bahwa ini adalah pengaturan default yang mereka pilih. Pesan pun akan terhapus secara otomatis sesuai dengan durasi yang dipilih pengguna.

Fitur default disappearing messages hanya akan aktif untuk chat yang baru dibuat dan tidak akan mempengaruhi chat yang sudah ada. Fitur ini juga opsional dan pengguna bisa mengaktifkan atau mematikannya kapan saja.

Untuk mengaktifkan fitur default disappearing messages caranya mudah saja, yaitu:

  • Buka aplikasi WhatsApp di ponsel lalu masuk ke pengaturan
  • Pilih menu Account lalu pilih opsi Privacy
  • Scroll ke bawah untuk mencari opsi Default message timer
  • Pilih durasi yang diinginkan dari tiga opsi yang ada: 24 jam, tujuh hari, atau 90 hari
  • Setelah itu fitur disappearing messages akan diaktifkan secara default untuk semua percakapan baru kalian di WhatsApp
  • Untuk mematikan fitur ini, ulangi langkah di atas dan pilih opsi Off di pilihan durasi.
Fitur Disappearing Messages di WhatsAppFitur Default Disappearing Messages di WhatsApp Foto: Screenshot detikINET


Simak Video "5 Fitur Terbaru WhatsApp yang Harus Kamu Coba! "
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT