iPhone dan Apple Watch Bakal Bisa Buka Kamar Hotel

ADVERTISEMENT

iPhone dan Apple Watch Bakal Bisa Buka Kamar Hotel

Josina - detikInet
Minggu, 12 Des 2021 18:30 WIB
Customers walk into an Apple Store after Apples new iPhone XS and XS Max went on sale in Beijing, China September 21, 2018. REUTERS/Jason Lee
Foto: Jason Lee/Reuters
Jakarta -

Salah satu fitur Apple yang direncanakan akan hadir di iOS dan watchOS 8 adalah kemampuan untuk menyimpan kartu kunci hotel secara digital di iPhone dan Apple Watch.

Fitur ini nantinya perdana akan tersedia di hotel Hyatt. Ada enam lokasi hotel yang akan mendukung layanan tersebut seperti Andaz Maui di Wailea Resort, Hyatt Centric Key West Resort and Spa, Hyatt House Chicago/West Loop-Fulton Market, Hyatt House Dallas/Richardson, Hyatt Place Fremont/Silicon Valley, dan Hyatt Regency Long Beach.

Nantinya pengguna dapat menambahkan kartu kunci hotel ke aplikasi Apple Wallet setelah membuat reservasi, namun masih harus melakukan check-in manual sebelum kartu kunci hotel digital ini diaktfikan.

Setelah itu pengguna dapat menggunakannya dengan mode Express di Apple Wallet, artinya mereka tidak perlu memverifikasi identitas Anda menggunakan ID Wajah atau ID Sentuh setiap kali kamu ingin masuk ke kamar.

Jika ada rencana berpindah kamar atau memperpanjang kunjungan, maka kartu kunci digital juga dapat diperbarui tanpa harus ke resepsionis, dan jika perangkat masuk ke mode Power Reserve (karena baterai hampir mati), user tetap dapat membuat penggunaan kartu kunci digital hingga lima jam.

Fitur ini tampaknya akan sangat berguna, meski masih dalam wilayah yang terbatas. Namun hotel Hyatt sendiri bahkan dilaporkan berencana untuk membawa fitur ini ke semua lokasinya secara global dan diharapkan hotel lainnya kemungkinan akan mendukung layanan tersebut.

Dilansir detiKINET dari Techradar, Apple tampaknya ingin membuat aplikasi Wallet-nya lebih banyak fungsinya tak hanya kunci kamar hotel, tapi juga dapat digunakan sebagai identitas resmi seperti SIM ataupun KTP.

Misalnya saat proses pemeriksaan keamanan TSA di bandara, pengguna cukup menunjukkan dokumen digitalnya. Apple pun berharap fungsinya bisa meluas di banyak tempat, tak hanya di bandara saja.

Fitur ini memang belum tersedia akan tetapi Apple saat ini menargetkan awal 2022 untuk peluncuran di AS dan diharapkan juga meluncur secara global cepat atau lambat.



Simak Video "iOS 16 Beta 4 Beri Perubahan Baru di Beberapa Fitur"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT