Instagram Akan Hadirkan Lagi Feed Sesuai Kronologis

Instagram Akan Hadirkan Lagi Feed Sesuai Kronologis

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 10 Des 2021 14:21 WIB
Two unrecognisable Caucasian ethnicity females using their mobile phones together
Instagram Akan Hadirkan Kembali Feed Sesuai Kronologis Foto: (iStock)
Jakarta -

Instagram sedang menguji coba beberapa cara untuk menampilkan dan mengurutkan konten di feed-nya. Salah satunya membawa kembali chronological feed atau feed yang disusun berurutan secara kronologis.

Bagi pengguna Instagram yang sudah veteran pasti familiar dengan feed yang berurutan. Tapi feed ini dihilangkan pada tahun 2016, dan digantikan dengan feed yang diurutkan oleh algoritma berdasarkan aktivitas dan preferensi pengguna.

Kembalinya chronological feed di Instagram diungkap langsung oleh Head of Instagram Adam Mosseri saat berbicara tentang keamanan pengguna remaja di depan Senat AS. Mosseri mengatakan ia mendukung memberikan pilihan chronological feed kepada pengguna.

"Kami sedang mengembangkan versi dari chronological feed yang kami harap bisa diluncurkan tahun depan," kata Mosseri seperti dikutip dari Engadget, Jumat (10/12/2021).

Mosseri menambahkan Instagram sudah mengerjakan fitur ini selama beberapa bulan. Pria berkacamata ini tidak memberikan informasi lebih lanjut, tapi ia mengatakan Instagram berencana meluncurkannya pada kuartal pertama tahun 2022.

Instagram kemudian mengonfirmasi ucapan Mosseri lewat beberapa cuitan di akun Twitter resminya. Dalam cuitannya, aplikasi milik Meta ini mengatakan selain chronological feed mereka juga sedang mengerjakan favorites feed.

"Kami sedang bereksperimen dengan Favorites, cara bagi kalian untuk menentukan postingan siapa yang ingin kalian lihat duluan, dan kami sedang mengerjakan opsi lain untuk melihat postingan dari orang yang kalian ikuti secara kronologis," tulis Instagram dalam cuitannya.



Fitur Favorites untuk feed Instagram sebenarnya sudah dirumorkan sejak beberapa bulan yang lalu. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memilih beberapa akun favotirnya agar postingan mereka selalu ada di bagian teratas.

Dalam cuitan selanjutnya, Instagram mengatakan tidak semua pengguna akan kembali menggunakan chronological feed. Semua cara pengurutan yang sedang dikembangkan ini akan opsional dan bisa dipilih sesuai kebutuhan pengguna.



Simak Video "Bocoran Empat Prioritas Instagram di 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)