WhatsApp Tambah Durasi Disappearing Messages Jadi 24 Jam dan 90 Hari

WhatsApp Tambah Durasi Disappearing Messages Jadi 24 Jam dan 90 Hari

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 06 Des 2021 22:33 WIB
Ilustrasi WhatsApp
WhatsApp Tambah Durasi Disappearing Messages Jadi 24 Jam dan 90 Hari Foto: dok. Rawpixel
Jakarta -

Tahun lalu WhatsApp merilis fitur disappearing messages yang bisa menghapus pesan secara otomatis setelah tujuh hari. Kini mereka menghadirkan dua opsi durasi baru yaitu 24 jam dan 90 hari.

Juru bicara WhatsApp Zafir Khan mengatakan dua opsi baru ini ditambahkan untuk memberikan fleksibilitas kepada pengguna dalam melindungi privasinya.

"Opsi ini ditambahkan karena pengguna kami meminta lebih banyak fleksibilitas di percakapan yang berbeda dan membutuhkan durasi yang berbeda," kata Khan dalam wawancara eksklusif dengan detikINET.

Khan mengakui jarak antara 24 jam dan tujuh hari dengan 90 hari cukup panjang, tapi ketiga opsi ini diberikan agar pengguna bisa mengaktifkan disappearing messages sesuai preferensinya.

Ia mencontohkan pengguna WhatsApp yang membicarakan hal yang sensitif bisa memilih opsi 24 jam. Sedangkan pengguna yang sering menyimpan informasi penting di chat dan masih membutuhkannya untuk beberapa waktu ke depan bisa memilih opsi 90 hari.

"Jadi 90 hari, meski terlihat cukup panjang, itu secara relatif cukup pendek dibandingkan dengan menyimpan riwayat chat untuk selamanya. Jadi masih memberikan akses untuk riwayat chat tapi tidak akan berdiam di sana selamanya," ujar Khan.

Cara kerja dan cara mengaktifkan durasi baru disappearing messages masih sama seperti sebelumnya. Fitur ini bisa diaktifkan untuk chat individu maupun grup, tapi admin grup bisa mengubah pengaturan untuk mengizinkan hanya admin yang bisa mengaktifkan atau mematikan disappearing messages.

Fitur Disappearing Messages di WhatsAppDua opsi baru Disappearing Messages di WhatsApp Foto: Screenshot detikINET

Jika pengguna tidak membuka WhatsApp dalam 24 jam, tujuh hari, atau 90 hari, pesan akan menghilang dari chat. Tapi pesan masih akan ditampilkan di preview notifikasi sampai WhatsApp dibuka.

Saat membalas pesan, pesan awalnya akan dikutip. Jika pesan yang dibalas adalah pesan sementara, teks yang dikutip mungkin masih akan tetap ada di chat setelah durasi yang dipilih.

Jika pesan diteruskan ke pengguna yang mematikan fitur disappearing messages, pesan tidak akan hilang di chat yang diteruskan.

Jika pengguna membuat backup sebelum pesan dihapus, pesan itu akan ikut dicadangkan ke backup. Pesan baru akan dihapus saat pengguna memulihkan backup.

Untuk mengaktifkan fitur disappearing messages di WhatsApp dan mengubah durasinya cukup gampang, seperti ini caranya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel lalu buka chat yang ingin diaktifkan fitur hapus pesan otomatis
  2. Ketuk profil kontak individu, lalu scroll ke bawah dan pilih opsi Disappearing Messages atau Pesan Sementara
  3. Pilih satu dari tiga opsi durasi yang ditawarkan: 24 jam, tujuh hari, atau 90 hari
  4. Untuk mematikan fitur disappearing messages, cukup pilih opsi Off di pengaturan Disappearing Messages.


Simak Video "WhatsApp Rilis Fitur Baru Joinable Call"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)