Fitur Baru YouTube Berubah Jadi Pemutar Musik

Fitur Baru YouTube Berubah Jadi Pemutar Musik

Josina - detikInet
Jumat, 03 Des 2021 18:13 WIB
Ilustrasi Google, ilustrasi YouTube, dan ilustrasi Facebook
Fitur Baru YouTube Berubah Jadi Pemutar Musik (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

YouTube menambahkan fitur baru yang dinamai 'Listening Controls' (Kontrol Mendengarkan) yang mengubah layanan video musik menjadi pemutar musik untuk perangkat Android dan iOS.

Saat menonton video musik, dalam video tersebut YouTube akan menampilkan opsi 'Listening Controls' untuk menanyakan apakah pengguna ingin untuk mengaktifkannya atau tidak.

Begitu diaktifkan tampilan fitur Listening Control ini akan menghilangkan semua opsi di bawah jendela video seperti deskripsi, komentar, saran, dan lainnya untuk menampilkan tombol putar/jeda utama, tombol berikutnya/sebelumnya, dan tombol mundur atau maju 10 detik.

Jadi saat pengguna menonton video musik dari smartphone secara vertikal konten yang dilihat tetap berada di bagian atas layar. Judul video dan saluran akan tercantum di atas.

Meskipun fitur ini disarankan untuk mendengarkan musik saja tapi ini juga dapat digunakan untuk video dengan konten audio seperti halnya podcast.

FItur YouTube Listening ControlsFItur YouTube Listening Controls Foto: Screenshot/9to5google

Selain itu fitur ini juga memiliki kemampuan untuk menyukai, menyimpan ke daftar putar, dan mengontrol kecepatan pemutaran.

Fitur ini pun diluncurkan khusus untuk pengguna yang berlangganan YouTube Premium, dan sementara baru tersedia untuk pengguna di AS namun dalam waktu dekat akan diluncurkan lebih meluas sebagaimana dilansir detiKINET dari 9to5google, Jumat (3/12/2021).



Simak Video "Konten Pengetahuan di YouTube Makin Diminati Masyarakat"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)