Twitter Akan Luncurkan 3 Fitur Baru, Apa Saja?

Twitter Akan Luncurkan 3 Fitur Baru, Apa Saja?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 30 Nov 2021 10:15 WIB
ilustrasi twitter
Twitter Akan Luncurkan 3 Fitur Baru, Apa Saja? Foto: 9to5mac
Jakarta -

Twitter terus meluncurkan banyak fitur baru sepanjang tahun 2021, mulai dari Spaces sampai layanan berlangganan Twitter Blue. Tidak berhenti sampai di situ, media sosial yang baru mengalami pergantian CEO ini sedang menyiapkan tiga fitur baru yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Tiga fitur tersebut adalah reaksi emoji, downvote, dan mengelompokkan cuitan balasan yang diterima. Ketiga fitur ini sudah diuji coba dalam beberapa bulan terakhir dan tidak lama lagi akan dirilis.


Reverse engineer Nima Owji mengatakan ia menemukan referensi tentang fitur reaksi emoji di kode Twitter, yang menandakan fitur ini akan segera diluncurkan.

Fitur ini sebelumnya sudah diuji coba secara terbatas di Turki pada bulan September lalu. Dengan fitur ini, pengguna bisa memilih satu dari lima emoji (hati, menangis, menangis sambil tertawa, berpikir, dan tepuk tangan) untuk diberikan ke sebuah cuitan.

Tidak hanya itu, Owji juga mengatakan Twitter kini bisa menyimpan data untuk fitur downvote, yang menandakan fitur ini akan digulirkan dalam waktu dekat. Posisi tombol downvote kini juga digeser ke sebelah kiri tombol like.

Twitter juga menambah penjelasan tentang cara kerja fitur downvote. Pengguna bisa mengetuk tombol downvote jika melihat balasan yang dianggap tidak relevan dengan percakapan.

Selain itu downvote yang diberikan juga bersifat private. Artinya penulis cuitan dan pengguna lain tidak bisa melihat daftar pengguna yang memberikan downvote, seperti dikutip dari 9to5Mac.

Ternyata fitur downvote ini akan berhubungan dengan fitur Sort Replies. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk memilih ingin melihat semua balasan cuitan yang diterima atau hanya yang relevan.


Dengan tiga fitur ini, Twitter tentu berharap penggunanya bisa mendapatkan percakapan yang lebih sehat dan berkualitas di platform-nya. Belum diketahui kapan perusahaan berlogo burung ini akan meluncurkan ketiga fitur tersebut.


Dalam penjelasannya, Twitter mengatakan balasan yang relevan berasal dari pengguna yang kalian ikuti dan balasan lainnya yang dianggap menarik. Sedangkan semua balasan tentu akan menampilkan semua balasan yang diterima, termasuk yang bersifat spam, berbahaya, dan menyinggung.



Simak Video "Twitter Ganti Font Baru untuk Pengguna iOS dan Web"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)