Spotify Uji Format Video Ala TikTok

Spotify Uji Format Video Ala TikTok

Josina - detikInet
Senin, 29 Nov 2021 12:13 WIB
Ilustrasi Spotify
Spotify Uji Format Video Ala TikTok (Foto: Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta -

Setelah dilakukan banyak media sosial lainnya, kini Spotify dilaporkan turut menguji fitur umpan video ala TikTok pada layanan streaming musiknya.

Fitur ini dinamai Discover dengan format vertikal layar penuh di mana cara mainnya pun mirip dengan aplikasi TikTok. Pengguna dapat menggulirkan video musik yang ingin ditonton.

Meski dalam tahap pengujian namun beberapa pengguna yang terlibat pada pengujian ini fitur Discover akan muncul sebagai tab keempat di bilah navigasi di bawah bawah aplikasi Spotify di antara Home dan Search.

Dilansir detiKINET dari The Verge, Senin (29/11/2021) fitur ini pertama kali ditemukan oleh Chris Messina ia membagikan video dari fitur Discover tersebut. Ia menemukan fitur tersebut di Spotify's TestFlight build (versi beta untuk iOS), di mana ikon baru di bilah alat navigasi membawa pengguna langsung ke umpan video saat diketuk.

Pengguna kemudian dapat menggulir ke atas dan ke bawah untuk menelusuri umpan, seperti yang dilakukan di TikTok. Pengguna juga dapat memberikan Like dengan mengklik ikon hati, bahkan pengguna dapat mengetuk menu tiga titik untuk memunculkan informasi tentang lagu.

Mengutip dari Techcrunch, Spotify sebelumnya melihat peluang dari juga pernah menguji fitur Stories yang memungkinkan influencer memposting Stories untuk memperkenalkan daftar putar mereka sendiri yang dikuratori. Tetapi opsi itu tidak pernah tersedia untuk semua pengguna Spotify sampai saat ini.

Sementara itu, format TikTok telah diadopsi oleh banyak platform sosial populer seperti Instagram (Reels), Snapchat (Spotlight), YouTube (Shorts) dan Pinterest (Idea Pins). Dan hal ini terbukti menjadi format yang ideal untuk penemuan konten.

Netflix, misalnya, baru-baru ini mengadopsi umpan video vertikal bentuk pendek di aplikasinya sendiri yang dinamai fitur Fast Laughs, menawarkan klip dari perpustakaan konten dan alat untuk menyimpan program ke daftar tontonan atau mulai streaming.

Demikian pula, fitur Discover berbasis video Spotify dapat membantu memperkenalkan pengguna ke musik baru dan menawarkan cara untuk menunjukkan minat mereka di Spotify dalam format yang sudah dikenal.



Simak Video "BTS dan BLACKPINK Grup K-Pop Paling Banyak Didengar di Spotify"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)