Dear Admin Grup Facebook, Ada Kesempatan Dapat Uang Nih!

Dear Admin Grup Facebook, Ada Kesempatan Dapat Uang Nih!

Josina - detikInet
Jumat, 05 Nov 2021 22:40 WIB
LONDON, ENGLAND - AUGUST 06: In this photo illustration an Apple iPad displays its home screen on August 6, 2014 in London, England.  iPad maker Apple is selling fewer units than in the same quarter in 2013, it is reported.  (Photo illustration by Peter Macdiarmid/Getty Images)
Dear Admin Grup Facebook, Ada Kesempatan Dapat Uang Nih! (Foto: GettyImages)
Jakarta -

Admin dalam grup Facebook kini diberi kemudahan untuk dapat memonetisasi komunitas mereka. Hal ini disampaikan oleh Facebook pada gelaran acara tahunan KTT Komunitas.

Dilansir detiKINET dari Engadget, Jumat (5/11/2021) ada tiga cara yang dapat dilakukan admin grup untuk memonetisasi komunitas mereka diantaranya toko belanja online, penggalangan dana dan berlangganan baru.

Yang pertama adalah toko belanja komunitas, di sini admin grup dapat menjual merchandidse bertema atau barang lainnya. Kedua penggalangan dana yang memungkinkan admin untuk melakukan crowdfunding pada proyek tertentu atau dana untuk keberlangsungan komunitas mereka.

Dan ketiga, --fitur ini paling baru-- yakni subkelompok berbayar yang pada dasarnya kelompok yang lebih kecil di dalam kelompok, di mana anggota membayar biaya bulanan untuk berpartisipasi.

Facebook juga mengizinkan admin grup untuk mengatur subgrup gratis, versi berbayar dari fitur tersebut adalah upaya terbaru perusahaan untuk membuat produk berbasis langganan.

Di tempat lain, Facebook telah mempromosikan langganan sebagai cara bagi pembuat konten untuk menghasilkan uang, baik melalui buletin atau langganan penggemar untuk pita. Dalam konteks grup, langganan dimaksudkan untuk memungkinkan akses ke konten eksklusif atau khusus seperti pelatihan atau jaringan atau percakapan yang lebih dalam.

Maria Smith, VP of Communities Facebook mengatakan bahwa Facebook tidak mengharapkan semua grup menginginkan atau membutuhkan fitur berbayar ini akan tetapi banyak grup sudah menjual merchandise mereka sendiri atau mengorganisir penggalangan dana. Jadi membawa alat langsung ke mereka bisa bermanfaat.

Selain fitur monetisasi baru, Facebook mengumumkan beberapa pembaruan lain untuk grup, termasuk fitur kustomisasi baru yang memungkinkan admin mengubah warna latar belakang, gaya font, dan aspek lain dari tampilan grup

Obrolan komunitas untuk memudahkan admin dan moderator grup untuk saling menjangkau bagian unggulan baru sehingga admin grup dapat menyematkan konten yang tetap berada di bagian atas grup

Facebook juga berencana untuk mulai menguji serangkaian fitur baru yang akan menyederhanakan pengalaman grup dan halaman untuk admin yang mengelola grup dan halaman terkait.



Simak Video "Wajah Baru Facebook Sebagai Meta"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)