Pakai Nama Meta, Facebook Dituntut Bayar Rp 286 Miliar

Pakai Nama Meta, Facebook Dituntut Bayar Rp 286 Miliar

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 04 Nov 2021 18:10 WIB
Facebook employees take a photo with the companys new name and logo outside its headquarters in Menlo Park, Calif., Thursday, Oct. 28, 2021, after the company announced that it is changing its name to Meta Platforms Inc. (AP Photo/Tony Avelar)
Startup AS Minta Facebook Bayar Rp 268 Miliar Kalau Mau Pakai Nama Meta Foto: AP/Tony Avelar
Jakarta -

Facebook belum lama ini mengumumkan pergantian nama perusahaannya menjadi Meta. Tapi sepertinya langkah ini akan sedikit tersendat karena sudah ada perusahaan PC dengan nama yang sama.

Perusahaan itu adalah Meta PC, sebuah startup di Arizona, Amerika Serikat yang menjual komputer, laptop dan software untuk gamer. Pendiri Meta PC Joe Darger dan Zack Shutt mengatakan perusahaan mereka sudah beroperasi selama lebih dari satu tahun.

Untungnya, Meta PC berhasil mendahului Facebook dan sudah mendaftarkan merek dagangnya pada bulan Agustus lalu meski belum dikabulkan. Shutt mengatakan ia dan timnya baru mengetahui rencana Facebook mengganti namanya menjadi Meta minggu lalu, saat CEO Mark Zuckerberg mengumumkan rebranding perusahaannya.

Kepada TMZ, Shutt mengatakan mereka baru akan memberikan nama Meta kepada Facebook jika raksasa media sosial itu mau membayar setidaknya USD 20 juta atau sekitar Rp 286 miliar.

Menurut dosen hukum dari University of California, Los Angeles (UCLA) Mark P. McKenna, meski Meta PC sudah mendaftarkan merek dagang perusahaannya, Facebook bisa memanfaatkan celah hukum yang ada untuk tetap bisa mendapatkan nama itu. Salah satunya dengan mendaftarkan merek dagang di negara lain dan menggunakan tanggal pendaftaran itu untuk mendaftar di AS.

"Mereka mencari negara kecil tanpa sistem yang bisa dicari dan kemudian mendaftar di sana. Itu akan menjadi cara bagi mereka untuk mendapatkan tanggal yang lebih awal," kata McKenna, seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (4/11/2021).

Meta PC sendiri terbilang perusahaan kecil, jadi mungkin mereka akan kesulitan jika harus 'berperang' dengan raksasa seperti Facebook. Shutt tidak mengungkap berapa valuasi perusahaannya, tapi ia mengatakan Meta PC hanya memiliki 25 karyawan.

"Kami mendirikan perusahaan ini dengan dana pribadi kami. Ketika kami mengetahui bahwa Facebook memilih nama yang sama, jelas ada kekhawatiran bahwa kami akan kehilangan jangkauan organik yang telah kami bangun dengan susah payah," kata Shutt.

Walaupun khawatir akan masa depan perusahaannya, Meta PC tetap menghadapi masalah ini dengan humor dan guyonan. Lewat Twitter, Shutt mengunggah video parodi yang mirip dengan pengumuman Zuckerberg saat mengungkap nama baru Facebook.



Di cuitan lainnya, mereka mengunggah foto editan yang memperlihatkan Zuckerberg membawa produk Meta PC.





Simak Video "Pakar Kritisi Keputusan Facebook Ganti Nama Jadi Meta"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)