Kronologi WhatsApp, Instagram dan Facebook Down Berjamaah

Round Up

Kronologi WhatsApp, Instagram dan Facebook Down Berjamaah

Tim - detikInet
Selasa, 05 Okt 2021 17:10 WIB
Ilustrasi Facebook
Ilustrasi pegawai Facebook. Foto: Facebook
Jakarta -

WhatsApp, Instagram, dan Facebook tumbang berjamaah cukup lama sehingga membuat banyak orang kelimpungan sebelum berhasil dipulihkan. Gangguan menerpa berbagai belahan dunia termasuk Indonesia.

Pantauan detikINET di situs Downdetector pada Senin (4/10/2021) malam waktu Indonesia barat, WhatsApp, Instagram dan Facebook tengah mengalami kendala. Ribuan laporan komplain dari para user sudah diterima oleh situs tersebut.

Kendala koneksi ke server menjadi yang paling banyak dikeluhkan pengguna WhatsApp. Selain itu mereka mengaku tidak bisa menerima pesan. Sementara banyak pengguna Instagram mengeluh tak bisa memperbarui news feed. Bahkan beberapa yang lain tak bisa log-in.

Tagar #WhatsApp dan #InstagramDown pun membanjiri Twitter yang sering digunakan netizen untuk berkeluh kesah jika ada layanan media sosial yang mengalami kendala.

Lewat akun Twitter, Facebook mengakui beberapa penggunanya mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk-produknya. Mereka pun coba melakukan investigasi mencari penyebab masalah.

"Kami sedang berupaya agar semuanya kembali normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," tulis akun Facebook.

Akun Twitter milik WhatsApp pun sudah berkicau soal masalah yang terjadi di layanannya. Seperti Facebook, mereka tengah menyelidiki biang kerok gangguan yang terjadi pada penggunanya di seluruh dunia.

"Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami masalah dengan WhatsApp saat ini. Kami sedang berupaya untuk mengembalikan semuanya menjadi normal dan akan mengirimkan pembaruan di sini sesegera mungkin," ujar akun WhatsApp.

Halaman berikutnya>> biang keladi layanan tumbang