Update PeduliLindungi di iPhone Bawa Tampilan Baru & Perbaikan Penting

Update PeduliLindungi di iPhone Bawa Tampilan Baru & Perbaikan Penting

Adi Fida Rahman - detikInet
Minggu, 03 Okt 2021 08:49 WIB
PeduliLindungi
Aplikasi PeduliLindungi punya tampilan baru. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Update aplikasi PeduliLindungi versi 4.0 untuk iPhone sudah tersedia di App Store. Pembaruan ini membawa tampilan dan fitur baru, begitu juga ada perbaikan yang penting untuk pengguna.

Saat membuka aplikasi PeduliLindungi 4.0, kita akan disambut layar utama yang kini lebih simple dan bersih dari versi sebelumnya. Peta yang selama ini menghiasi layar utama dihilangkan.

Tombol Scan QR Code kini dibuat lebih jelas. Ketika melakukan check-in di sebuah tempat, informasinya ditampilkan di bagian atas. Saat ditekan, informasi yang lebih rinci akan muncul, mulai dari waktu check-in, durasi hingga keramaian di tempat tersebut.

Namun berbeda dari versi sebelumnya, kami tidak menemukan tombol check-out. Sehingga ketika sampai di rumah pun, status di aplikasi PeduliLindungi masih belum berstatus check-out dari tempat yang dikunjungi.

PeduliLindungiPerbedaan PeduliLindungi versi 3 dan 4 Foto: screenshot/detikINET

Beralih ke menu-menu, posisinya masih di bagian bawah. Hanya saja kini dibuat seperti ikon-ikon aplikasi di iOS, lebih menarik dan jelas.

Ada lima menu yang ditampilkan di layar utama, yakni Daftar Vaksin, Sertifikat Vaksin, Hasil Test Covid-19, Aturan Perjalanan dan EHAC. Jika ingin melihat keseluruhan tinggal menekan Lihat Semuanya. Kita akan menemukan Riwayat Check-in, Statistik, Teledokter dan Pelayanan Kesehatan.

Di pojok kiri atas layar utama terdapat ikon profil yang bila ditekan akan muncul informasi terkait vaksinasi dan aplikasi. Sementara di sudut kiri bawah layar utama ada ikon tanya tanya yang bila ditekan akan masuk ke halaman Bantuan. Isinya berupa informasi terkait aplikasi PeduliLindungi.

PeduliLindungiPeduliLindungi Foto: screenshot/detikINET

Halaman Bantuan ini menjadi bagian fitur baru yang dibawa update aplikasi PeduliLindungi untuk iPhone. Selain itu ada fitur Aturan Perjalanan yang berisikan syarat dan aturan saat bepergian.

Nah bicara perbaikan di versi 4.0 ini salah satunya adalah background location dinonaktifkan. Sehingga akses lokasi hanya aktif saat fitur Scan QR, Pelayanan Kesehatan dan Statistik sedang digunakan.

Semoga fitur ini segera dihadirkan untuk Android. Sehingga gerak-gerik pengguna tidak diikuti oleh aplikasi PeduliLindungi, dan akan menghemat penggunaan baterai ponsel.



Simak Video "Frans Sanjaya, Youtuber Spesialis Action Figure Jutaan Rupiah"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/agt)