Akhirnya Apple Izinkan Pengguna Beri Ulasan di App Store

Akhirnya Apple Izinkan Pengguna Beri Ulasan di App Store

Josina - detikInet
Sabtu, 02 Okt 2021 17:08 WIB
Customers walk into an Apple Store after Apples new iPhone XS and XS Max went on sale in Beijing, China September 21, 2018. REUTERS/Jason Lee
Akhirnya Apple Izinkan Pengguna Beri Ulasan di App Store. Foto: Jason Lee/Reuters
Jakarta -

Selama bertahun-tahun Apple, mengizinkan penggunanya untuk mengunduh ulang banyak aplikasi bawaan dari App Store yang sebelumnya pernah dihapus. Sayangnya, pengguna tidak diberikan pilihan untuk memberikan rating atau ulasan terhadap aplikasi yang dipakai.

Ini tentunya berbeda jauh dengan toko aplikasi seperti Google Play Store, di mana pengguna sebelum mengunduh bisa melihat dulu ulasan bagus atau tidaknya aplikasi tersebut. Kini, pengguna iPhone dan iPad akhirnya sudah bisa memberikan rating untuk aplikasi di App Store sebagaimana dilansir detiKINET dari The Verge.

Fitur ini tampaknya sudah dirilis baru-baru ini karena sudah terlihat ada di beberapa aplikasi yang mendapatkan penilaian dari pengguna.

Sebelumnya, aplikasi-aplikasi bawaan Apple memiliki rating kecil dan tidak memiliki ulasan yang positif dari penggunanya, seperti aplikasi Files, Apple Maps, dan Home yang memiliki rating 3 sampai 3,5 dari total 5 bintang. Bahkan aplikasi Apple News dan Podcast mendapatkan rating 2.

Hal tersebut tampaknya karena pengguna yang sedikit untuk memberikan ulasan dan rating sehingga angka jauh dengan aplikasi non Apple.

Sebut saja aplikasi populer seperti Facebook, TikTok, sampai Gmail, memiliki rating yang tinggi karena sudah banyak yang memberikan penilaian.

Apple mengatakan, pada bulan Januari ada lebih dari satu miliar iPhone yang digunakan secara aktif. Ini juga berarti bahwa aplikasi Apple memiliki peringkat yang jauh lebih sedikit daripada aplikasi terkenal seperti Gmail ( 347 ribu), Facebook (1,1 juta), dan TikTok (10 juta).

Dengan hadirnya fitur rating dan ulasan dari pengguna, tentu akan memudahkan bagi pengguna ataupun developer mengetahui bagaimana performa aplikasi tersebut.



Simak Video "MacBook Pro Terbaru Dipersenjatai M1 Pro dan M1 Max, Apa Bedanya?"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/rns)