YouTube Uji Unduh Video di Browser Web

YouTube Uji Unduh Video di Browser Web

Josina - detikInet
Senin, 27 Sep 2021 18:55 WIB
Ilustrasi Google, ilustrasi YouTube, dan ilustrasi Facebook
YouTube Uji Unduh Video di Browser Web (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Selama ini pengguna yang ingin mengunduh dan menyimpan video dari YouTube harus menggunakan bantuan pihak ketiga. Tapi kini YouTube dilaporkan tengah menguji cara resmi untuk mengunduh video di web browser.

Pengujian ini akan berlangsung hingga 19 Oktober 2021. Untuk bisa menjadi bagian dari pengujian ini pengguna dapat melihat halaman fitur eksperimental YouTube di mana bagi mereka yang telah memenuhi syarat dapat ikut berpartisipasi khususnya untuk pelanggan premium. Namun tak semua pelanggan YouTube Premium bisa mencicipi fitur ini sebagaimana dilansir detiKINET dari The Verge, Senin (27/9/2021).

Dalam pengujian, Google mengatakan browser yang dapat mendukung ftur ini adalah versi terbaru dari Chrome, Edge dan Opera.

YouTube Uji Fitur Unduh Video di BrowserYouTube Uji Fitur Unduh Video di Browser Foto: Dok. The Verge

Saat pengguna memutar video di YouTube, pengguna akan melihat opsi untuk mengunduh video dengan ikon tanda panah ke bawah. Saat diklik YouTube akan mengunduh video tersebut dan begitu selesai pengguna dapat menonton daftar Downloads yang terletak di bagian tiga garis di sisi kiri layar bawah.

Namun demikian The Verge mengungkapkan mereka tak menemukan cara untuk mengunduh video dan menontonnya di luar browser yang telah didukung tersebut. Jadi ini adalah cara untuk menonton video YouTube secara offline.

Perlu diperhatikan, karena fitur ini masih dalam tahap uji coba jadi kemungkinan masih ada sedikit bermasalah. Salah satunya mungkin video tidak bisa diunduh. Akan tetapi, saat The Verge berikutnya melakukan pengujian ulang, fitur tersebut berfungsi seperti yang diharapkan.



Simak Video "Beda YouTube Shorts dengan TikTok dan 'Reels' Instagram"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)