WhatsApp Bakal Bisa Diakses di 2 HP Sekaligus

WhatsApp Bakal Bisa Diakses di 2 HP Sekaligus

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 27 Sep 2021 14:42 WIB
Ilustrasi WhatsApp
WhatsApp Bakal Bisa Diakses di 2 HP Sekaligus (Foto: dok. Rawpixel)
Jakarta -

WhatsApp saat ini masih menguji coba fitur multi-device secara beta dan belum diluncurkan untuk semua pengguna. Tapi WhatsApp diam-diam sudah mengembangkan versi terbaru dari fitur multi-device yang akan membawa perubahan besar.

Sebelumnya seperti diketahui, fitur multi-device memungkinkan pengguna mengakses akun WhatsApp mereka di WhatsApp Web, WhatsApp Desktop dan portal tanpa perlu terhubung dengan ponsel mereka. Kini WhatsApp menguji coba fitur multi-device 2.0 yang memungkinkan pengguna mengakses akun WhatsApp di beberapa perangkat mobile sekaligus.

Kehadiran fitur baru ini dilaporkan oleh laman WABetaInfo. Sebelumnya mereka sempat membagikan screenshot tampilan multi-device WhatsApp untuk iOS yang memungkinkan pengguna menghubungkan akun WhatsApp di iPhone dengan aplikasi WhatsApp di iPad.

Kini mereka membagikan perkembangan baru dari fitur tersebut. Dengan fitur multi-device 2.0, pengguna akan bisa mengakses akun WhatsApp mereka dari perangkat mobile lainnya seperti tablet dan ponsel kedua, dan tidak terbatas hanya di desktop, Portal dan ponsel utama.

"Masih belum diketahui apakah WhatsApp akan menyediakan fitur ini hanya untuk tablet (WhatsApp for iPad dan tablet Android) atau mencakup ponsel, tapi tidak ada bukti bahwa mereka akan mengecualikan ponsel," kata WABetaInfo dalam blognya, seperti dikutip detikINET, Senin (27/9/2021).

WABetaInfo menjelaskan saat pengguna mengakses WhatsApp di ponsel kedua untuk pertama kalinya, WhatsApp akan mensinkronisasi riwayat chat. Proses ini tentu dilakukan dengan perlindungan enkripsi end-to-end.

Saat pengguna mengakses WhatsApp di ponsel kedua setelah beberapa waktu, WhatsApp akan mengunduh semua pesan dari server. Untuk menyelesaikan proses ini, ponsel utama tidak perlu terhubung dengan internet.

WABetaInfo mengatakan fitur ini masih dalam tahap pengembangan di WhatsApp beta untuk iOS, tapi WhatsApp juga mengembangkan fitur yang sama untuk aplikasi Android mereka.

Belum diketahui kapan WhatsApp akan merilis fitur multi-device 2.0 secara publik. Mengingat fitur multi-device versi pertama saja belum digulirkan ke semua pengguna, mungkin fitur multi-device 2.0 baru akan diluncurkan beberapa bulan setelahnya.



Simak Video "WhatsApp Kini Bisa Dipakai di 4 Perangkat Sekaligus, Berikut Faktanya..."
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)