WhatsApp di 53 HP yang Kena Blokir Bakal 'Mati Suri'

WhatsApp di 53 HP yang Kena Blokir Bakal 'Mati Suri'

Tim - detikInet
Minggu, 26 Sep 2021 08:15 WIB
Pengguna WhatsApp
Logo WhatsApp. Foto: Getty Images
Jakarta -

Setidaknya 53 tipe handphone berbagai merek bakal diblokir WhatsApp mulai 1 November 2021. WhatsApp sudah menyarankan untuk ganti baru karena bisa dikatakan, aplikasi WhatsApp di HP yang terdampak akan 'mati suri'. Kenapa demikian?

WhatsApp di HP yang sudah tidak didukung pembaruan ada kemungkinan tidak langsung berhenti berfungsi. "Meskipun WhatsApp tidak lagi mendukung daftar HP tersebut, bukan berarti aplikasi itu langsung berhenti bekerja," sebut CTPost yang dikutip detikINET.

"Sebenarnya, masalah terbesar perangkat yang tidak didukung WhatsApp adalah tidak bisa mengakses update keamanan. Ini membuat perangkat itu incaran hacker yang dapat mengeksploitasinya untuk mengambil data user," papar mereka.

Namun meski masih dapat bekerja, beberapa fungsi dari aplikasi mungkin tidak dapat diakses sehingga mengurangi kenyamanan. Itu sebabnya WhatsApp meminta pengguna yang terdampak agar segera ganti perangkat.

Tidak menutup kemungkinan pula aplikasinya sulit bekerja. Untuk itu, ada baiknya menyimpan chat sebelum 1 November. "Silakan berganti ke perangkat yang didukung atau simpan riwayat chat Anda sebelum tanggal tersebut," sebut WhatsApp.

Caranya dengan buka WhatsApp > ketuk Opsi lainnya yaitu tiga titik di kanan atas > Setelan > Chat > Cadangan chat > Cadangkan. Chat yang sudah disimpan bisa diakses di perangkat baru.

"WhatsApp tidak akan lagi mendukung ponsel Android yang menjalankan OS 4.0.4 dan yang lebih lama pada 1 November 2021. Silakan beralih ke perangkat yang didukung atau simpan riwayat obrolan Anda sebelum tanggal tersebut," tulis WhatsApp pada halaman FAQ Android.

Jika dilihat, sebagian ponsel yang terdampak pemblokiran WhatsApp masih cukup banyak dipakai saat ini. Sebut saja iPhone SE, iPhone 6 dan iPhone 6S Plus. Di Android, ada misalnya Galaxy S3 Mini, Galaxy XCover 2 dan lainnya. Daftar lengkapnya ada di sini.

Jika pengguna ponsel yang terdampak mengganti ponselnya ke versi yang lebih baru, mereka tetap dapat memakai akun WhatsApp lama dengan nomor yang sama. Seandainya karena satu alasan dan lainnya belum dapat berganti baru, bisa memakai layanan alternatif seperti Signal atau Telegram demi keamanan.



Simak Video "Wanita Cantik Asal Bandung, Ahli 'Bongkar' Tulang dan Sendi"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)