Twitter Luncurkan Super Follows, Sumber Cuan Baru Bagi Kreator

Twitter Luncurkan Super Follows, Sumber Cuan Baru Bagi Kreator

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 03 Sep 2021 09:45 WIB
Twitter luncurkan fitur Super Follows di Amerika Serikat
Twitter Luncurkan Super Follows, Sumber Cuan Baru Bagi Kreator Foto: dok. Twitter
Jakarta -

Twitter meluncurkan fitur monetisasi terbarunya, Super Follows. Fitur ini memungkinkan kreator mendapatkan uang dari follower yang berlangganan untuk mendapatkan konten eksklusif.

Twitter pertama kali mengumumkan fitur Super Follows pada Februari lalu, dan membuka pendaftaran terbatas pada bulan Juni. Kini fitur tersebut mulai digulirkan ke beberapa akun tertentu di Amerika Serikat dan saat ini baru tersedia di aplikasi Twitter untuk iOS.

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna menjadi follower super dengan membayar biaya berlangganan setiap bulannya demi bisa mendapatkan konten eksklusif dari kreator idola. Bagi kreator fitur ini bisa menjadi cara baru untuk mereka mendapatkan cuan dari media sosial.

Akun yang memenuhi syarat untuk mendaftar program Super Follows bisa menetapkan biaya berlangganan USD 2,99, USD 4,99, atau USD 9,99 per bulan kepada followers-nya. Kreator kemudian bisa memilih untuk mengirim cuitan eksklusif kepada follower super yang sudah membayar, atau cuitan biasa ke seluruh followers-nya.

Follower yang sudah membayar biaya berlangganan akan ditandai dengan lencana Super Follower di samping username mereka. Lencana ini ditampilkan di replies sehingga follower super bisa terlihat berbeda dibandingkan follower biasa.

Twitter mengatakan akan mengambil komisi sebesar 3% dari total pendapatan yang diraup kreator, tapi jumlah ini juga akan dipotong sebesar 30% untuk komisi pembelian in-app Apple dan Google. Setelah kreator meraup pendapatan total USD 50.000, Twitter akan mengambil komisi yang lebih besar yaitu 20%.

Saat ini fitur Super Follows tidak tersedia untuk semua pengguna. Kreator yang ingin bergabung dengan program ini harus mendaftar lewat tab Monetization yang ada di aplikasi Twitter dan masuk ke daftar tunggu.

Akun yang ingin mendaftar juga harus memenuhi kriteria yang ditetapkan Twitter yaitu memiliki setidaknya 10.000 followers, mengirimkan 25 cuitan dalam sebulan terakhir, dan berdomisili di AS, seperti dikutip dari TechCrunch, Jumat (3/9/2021).

Pengguna Twitter di AS dan Kanada mulai bisa mengikuti akun kreator yang sudah terdaftar sebagai Super Follow, diikuti pengguna di negara lain dalam beberapa minggu ke depan. Saat ini Super Follows hanya bisa diakses oleh akun kreator lewat aplikasi Twitter untuk iOS, tapi dukungan untuk Android dan desktop dijanjikan datang dalam waktu dekat.

Super Follows bukan fitur monetisasi pertama yang diluncurkan oleh Twitter. Pada bulan Mei, Twitter mengenalkan fitur Tip Jar yang memungkinkan pengguna memberikan tip langsung kepada kreator favoritnya.

Kemudian pekan lalu mereka mengenalkan fitur Ticketed Spaces yang memungkinkan kreator menjual tiket untuk sesi Spaces mereka. Apakah fitur-fitur ini akan sukses atau bernasib seperti Fleets yang dimatikan hanya dalam hitungan bulan masih menjadi tanda tanya.



Simak Video "Twitter Ganti Font Baru untuk Pengguna iOS dan Web"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)