Ticketed Spaces, Solusi Kreator Dapat Cuan Dari Twitter

Ticketed Spaces, Solusi Kreator Dapat Cuan Dari Twitter

Panji Saputro - detikInet
Minggu, 29 Agu 2021 12:15 WIB
Ticketed Spaces Jadi Solusi Kreator Mendapatkan Penghasilan di Twitter
Ticketed Spaces Jadi Solusi Kreator Mendapatkan Penghasilan di Twitter (Foto: Twitter)
Jakarta -

Twitter mengumumkan fitur baru, Ticketed Spaces, di mana memungkinkan kreator mendapatkan penghasilan. Hanya saja, saat ini baru tersedia bagi pengguna iOS.

"Kami ingin membantu pengguna membuat Spaces yang keren dan menghasilkan uang. Kami berharap dapat segera menghadirkannya kepada semua orang. Kami tahu, pasti membutuhkan sedikit waktu, tetapi kami ingin melakukannya dengan benar untuk anda," tulis Twitter Spaces.

Sebenarnya Ticketed Spaces pertama kali diuji pada bulan Juni, bersamaan dengan fitur lainnya, Super Follows, untuk pengguna dengan usia 18 tahun ke atas. Di mana mereka berupaya meluncurkannya untuk iOS dan Android, dikutip detikINET dari The Verge, Minggu (29/8/2021).

Kreator dapat mengatur biaya tiket yang harus dibayar oleh followers, mulai dari USD 1 atau sekitar Rp 14 ribu, hingga paling tinggi USD 999 atau sekitar Rp 14 juta. Kendati begitu, perlu dicatat, bahwa penghasilan tersebut akan dikenakan pemotongan sebesar 3%.

Namun bila pendapatan Ticketed Spaces termasuk Super Follows mencapai total USD 50 ribu atau sekitar Rp 716 juta, bebannya meningkat menjadi 20%. Lalu akan meningkat lagi, ketika fitur ini tersedia lebih luas.

Bagaimana kreator dapat memulai mengaktifkan fitur Ticketed Spaces?

Untuk memulainya, Twitter menyampaikan bahwa para pengguna harus memenuhi kriteria. Pada tahap awal, jumlah orang-orang yang mendaftar untuk fitur ini sangat terbatas. Akan tetapi, mereka akan memasukkan calon pengguna di dalam daftar tunggu.

"Pada menu sidebar, pergi ke Monetisasi, kemudian pilih Ticketed Spaces. Di situlah anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang fitur ini dan memeriksa apakah anda memenuhi kriteria atau tidak," tulis Twitter.

Fitur ini hadir untuk mendukung layanan baru miliknya, yakni Space. Memungkinkan pengguna menyelenggarakan obrolan Audio, layaknya Clubhouse.

Sedikit informasi, ruang percakapan audio tersebut memang bisa dinikmati oleh pengguna Android dan iOS. Sayangnya, fitur berbayarnya, yaitu Ticketed Spaces, untuk saat ini baru tersedia di iOS.



Simak Video "Spotify Hadirkan 'Greenroom', Layanan Pesaing Clubhouse"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/asj)