Instagram Akan Ganti Swipe Up dengan Stiker Link Mulai 30 Agustus

Instagram Akan Ganti Swipe Up dengan Stiker Link Mulai 30 Agustus

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 24 Agu 2021 12:42 WIB
Jakarta -

Instagram sudah berencana menggantikan fitur swipe up di Stories dengan stiker link. Kini tanggal pergantian itu sudah terungkap, Instagram akan memensiunkan swipe up mulai 30 Agustus 2021 mendatang.

Seperti diketahui, fitur swipe up di Stories memungkinkan kreator dan bisnis untuk mengarahkan followers-nya ke situs eksternal, misalnya ke produk jualan mereka, membaca artikel, atau apapun yang sedang dipromosikan. Sebagai gantinya, pengguna Instagram bisa menggunakan Link Sticker untuk menambahkan link di Stories.

Instagram mengungkap stiker ini sudah diuji coba secara terbatas sejak bulan Juni. Tapi pada 30 Agustus, fitur ini akan digulirkan secara lebih luas.

Beberapa pengguna Instagram yang sudah memiliki akses untuk swipe up mulai menerima notifikasi soal pergantian ke stiker link ini. Salah satunya YouTuber Sam Sheffer yang mengunggah notifikasi tersebut ke Twitter.



"Link swipe up akan segera menjadi stiker. Mulai 30 Agustus, link swipe up akan ditiadakan. Untuk menambahkan link ke story, gunakan stiker link baru," tulis notifikasi yang didapatkan Sheffer dari Instagram, seperti dikutip dari The Verge, Selasa (24/8/2021).

Peneliti aplikasi Jane Manchun Wong juga melaporkan hal yang sama lewat Twitter. Tapi ia mengatakan belum menemukan opsi stiker link di pilihan stiker Instagram Stories dan khawatir akan kehilangan akses untuk menambahkan link ke Stories.

Instagram mengatakan mereka akan mulai mengalihkan pengguna yang saat ini bisa mengakses link swipe up ke Link Sticker mulai 30 Agustus. Ini akan mencakup bisnis dan kreator, baik yang telah mendapatkan centang biru atau sudah memiliki jumlah followers yang ditentukan.

Saat ini hanya pengguna yang telah memiliki setidaknya 10.000 followers yang bisa mendapatkan akses untuk menambahkan link di Stories. Dengan fitur Link Sticker, Instagram berencana memperluas akses fitur ini ke semua pengguna, tanpa ada batas minimal followers yang harus dimiliki.

Tapi untuk saat ini Instagram mengatakan hanya orang-orang yang sudah memiliki akses untuk fitur swipe up yang akan menerima opsi stiker link. Mereka masih akan mengevaluasi apakah fitur ini akan digulirkan secara lebih luas, dan update ini akan membantu mereka mengambil keputusan.

Menurut Instagram mengubah link swipe up menjadi stiker akan memiliki beberapa keuntungan. Pertama, pengguna akan memiliki lebih banyak kontrol dalam membuat postingan Stories karena stiker link ini bisa diubah gayanya, ukurannya bahkan ditempatkan di mana pun untuk meningkatkan engagement.

Selain itu, pengguna lain yang melihat Stories dengan stiker link juga akan bisa meninggalkan respons dan komentar, sama seperti Stories lainnya. Dengan link swipe up, pengguna tidak bisa meninggalkan feedback apapun karena kolom komentar yang ada di bagian bawah dipakai untuk menempatkan tombol swipe up.

(vmp/fay)