WhatsApp Bakal Bisa Hapus Pesan Otomatis Setelah 90 Hari

WhatsApp Bakal Bisa Hapus Pesan Otomatis Setelah 90 Hari

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 19 Agu 2021 19:10 WIB
Ilustrasi WhatsApp
WhatsApp Bakal Bisa Hapus Pesan Otomatis Setelah 90 Hari Foto: dok. Rawpixel
Jakarta -

WhatsApp sudah meluncurkan fitur Disappearing Messages atau Pesan Sementara sejak akhir tahun lalu. Tapi mereka terus mengembangkan fitur ini dengan menambahkan pilihan durasi yang lebih banyak.

Seperti diketahui, fitur Disappearing Messages saat ini bisa menghapus pesan secara otomatis setelah tujuh hari. Tapi dalam uji coba beta terbarunya, durasi ini bisa diperpanjang menjadi 90 hari.

Pilihan durasi 90 hari ini ditemukan oleh situs WABetaInfo di WhatsApp beta untuk Android versi 2.21.17.16. Opsi baru ini masih dalam tahap pengembangan dan belum dirilis secara publik, seperti dikutip dari Android Police, Kamis (19/8/2021).

Whatsapp juga sebelumnya turut mengembangkan opsi untuk menghapus pesan secara otomatis setelah 24 jam. Opsi tersebut ditemukan di WhatsApp beta untuk Android versi 2.21.9.6, dan masih dalam tahap pengembangan.

WhatsApp uji coba opsi 90 hari untuk fitur Disappearing MessagesWhatsApp uji coba opsi 90 hari untuk fitur Disappearing Messages Foto: WABetaInfo

Ketika dua opsi yang masih dikembangkan ini dirilis secara publik, WhatsApp tetap akan mempertahankan opsi tujuh hari. Jadi pengguna bisa bebas memilih dari tiga opsi yang ada yaitu 24 jam, tujuh hari atau 90 hari sesuai dengan kebutuhannya.

Penggunaan fitur ini pun bisa jadi lebih fleksibel. Misalnya, pengguna yang ingin pesan rahasianya cepat terhapus bisa memilih opsi 24 jam, sedangkan pengguna yang ingin menghapus pesannya di WhatsApp secara berkala untuk menghemat ruang penyimpanan bisa memilih opsi 90 hari.

Fitur Disappearing Messages ini dapat digunakan dalam chat individual maupun grup. Pada chat individual, masing-masing pihak dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Pesan Sementara. Sedangkan dalam grup chat, hanya admin yang memegang kendali untuk pengaktifan fitur ini.

Karena masih dalam tahap pengembangan, beberapa pengguna WhatsApp beta mungkin belum bisa mengakses fitur ini. Belum diketahui kapan kedua opsi ini akan dirilis untuk semua pengguna WhatsApp, dan apakah keduanya akan digulirkan secara bersamaan.

WhatsApp belum lama ini melengkapi fitur Disappearing Messages dengan fitur View Once yang bisa menghapus foto dan video secara otomatis setelah dilihat penerima. Dengan kedua fitur ini, WhatsApp secara perlahan mulai mengikuti jejak Telegram yang sudah menghadirkan kedua fitur ini terlebih dahulu.



Simak Video "WhatsApp Kini Bisa Dipakai di 4 Perangkat Sekaligus, Berikut Faktanya..."
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)