Apa Itu YoWhatsApp, Keuntungan dan Ancaman Risikonya

Apa Itu YoWhatsApp, Keuntungan dan Ancaman Risikonya

Tim - detikInet
Selasa, 10 Agu 2021 11:48 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Foto: dok. Rawpixel
Jakarta -

Belakangan aplikasi YoWhatsApp jadi populer lagi. Inilah yang Anda mesti tahu sebelum mendownloadnya, karena ada risikonya juga.

Dilihat dari situs resminya, Selasa (11/8/2021) YoWhatsApp adalah aplikasi Whatsapp Mod yang dikembangkan oleh Yousef Al Basha. Aplikasi ini menawarkan fitur yang bahkan tidak ada di aplikasi WhatsApp yang asli.

Aplikasi YoWhatsApp kemudian diteruskan oleh Fouad Mokdad yang sebelumnya membuat FMWhatsApp. YoWhatsApp terbaru adalah versi 8.86 tertanggal 30 April 2021.

Mereka mengklaim WhatsApp Mod ini sudah di-download 13,8 juta kali dan tidak makan banyak memori, hanya 45,8 MB saja. Apa sih yang ditawarkan YoWhatsApp. Ini dia fitur terbarunya:

  1. YoWhatsApp menawarkan YoThemes dengan warna-warna baru untuk mereka yang bosan dengan warna hijau di WhatsApp.
  2. Ada lagi varian Emoji berjumlah ratusan.
  3. YoWhatsApp juga menawarkan fitur kirim video sampai 700MB, sementara WhatsApp hanya 100MB.
  4. Mereka juga menawarkan fitur Default Lock untuk mengamankan chat WhatsApp.
  5. Fitur unik lain adalah Freeze Last Seen untuk menyembunyikan kondisi online si penggunanya.
  6. Yo WhatsApp juga menawarkan Custom Privacy misalnya menyembunyikan Last Seen, centang biru dan centang dua.
  7. Fitur Dual WhatsApp juga tersedia sehingga pengguna bisa memakai 2 akun WhatsApp di satu perangkat.
  8. Bebas Root adalah keunggulan lain yang ditawarkan sementara Mod lain meminta root permission ke ponsel Android untuk bisa berjalan lancar.

Selain itu, masih ada banyak fitur lain dari versi-versi sebelumnya. Bisa dibilang ini adalah Whatsapp mod yang paling populer, setara dengan WhatsApp GB.

Tapi, apakah ada risikonya? Di balik keragaman fiturnya, WA GB dan aplikasi sejenisnya memiliki sederet ancaman keamanan. YoWhatsApp hanya bisa diunduh di luar Google Play Store. Alhasil, ada risiko mudah disusupi oleh malware.

Percakapan di YoWhatsApp disimpan di server pihak ketiga, jadi ada kemungkinan percakapan kalian bisa diintip oleh hacker atau pihak tidak bertanggung jawab. WhatsApp mod ini juga pada prinsipnya melanggar Terms of Services milik WhatsApp.

Karena dibuat oleh pihak ketiga yang tidak resmi, WhatsApp juga tidak bisa memvalidasi praktek keamanannya. Bahkan, ada risiko WhatsApp pengguna bisa diblokir.

"Jika Anda tidak beralih ke aplikasi resmi setelah diblokir sementara, akun Anda mungkin akan diblokir menggunakan WhatsApp secara permanen," kata WhatsApp dalam blog resminya, seperti dikutip detikINET.

Nah, itulah keunggulan dan risiko dari menggunakan WhatsApp mod seperti YoWhatsApp. Silakan dipertimbangkan untung ruginya sebelum memutuskan akan men-downloadnya atau tidak.



Simak Video "Langgar Perlindungan Data, WhatsApp Kena Denda Rp 3,8 Triliun!"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)