Bisa Ditiru, Sertifikat Vaksin COVID-19 Australia Ada di Apple & Google

Bisa Ditiru, Sertifikat Vaksin COVID-19 Australia Ada di Apple & Google

Josina - detikInet
Kamis, 05 Agu 2021 17:45 WIB
TOKYO, JAPAN - MARCH 31:  A customer tries an Apple Inc. iPhone SE at the companys Omotesando store on March 31, 2016 in Tokyo, Japan. Apple Inc. launched its iPhone SE and iPad Pro 9.7 inch on March 31, 2016 in Japan. (Photo by Tomohiro Ohsumi/Getty Images)
Foto: Tomohiro Ohsumi/Getty Images
Jakarta -

Warga Australia yang telah menerima vaksin COVID-19 kini dapat membawa bukti inokulasi digital di Apple Wallet. Hal ini berkat integrasi baru dengan aplikasi Express Plus Medicare di Australia.

Dilansir detiKINET dari Apple Insider, Kamis (5/8/2021) menurut laporan dari Tap Down Under pemerintah Australia pada minggu ini meluncurkan sertifikasi digital COVID-19 yang mendukung dompet digital seperti Apple Wallet dan Google Pay.

Dengan memiliki salinan sertifikat ini tentu akan memudahkan pengguna jika sedang melakukan kegiatan yang memerlukan status vaksinasi.

Dalam situs resmi milik pemerintah Australia dijelaskan warga Australia dapat mengakses sertifikat digital mereka melalui aplikasi Express Plus Medicare atau my.gov.au.

Mereka yang menggunakan aplikasi Express Plus Medicare untuk iOS sudah masuk ke layanan Medicare negara tersebut dan cukup memilih 'Riwayat imunisasi' dari menu Layanan dan ketuk nama mereka.

Sertifikat digital COVID-19 akan ditampilkan dengan opsi untuk menambahkan dokumen ke Apple Wallet atau Google Pay.

Mengakses sertifikat digital secara online mengharuskan pengguna masuk dengan akun myGov, masuk ke bagian Medicare dan pilih 'Lihat pernyataan' pada 'Riwayat imunisasi'. Versi PDF dari sertifikat dapat dibuat untuk penyimpanan di Wallet.

Seperti tiket masuk, tiket, dan kupon lainnya yang disimpan di Wallet, sertifikat digital COVID-19 Australia dapat diunggah ke iCloud dan disinkronkan di semua perangkat yang ditautkan ke ID Apple pengguna.

Sertifikat digital Australia hadir beberapa hari setelah Inggris memperkenalkan 'paspor vaksinasi' sendiri dengan dukungan Wallet. Dokumen itu, yang disebut NHS COVID Pass, tersedia untuk individu yang divaksinasi dan dapat diunduh dari aplikasi NHS untuk iOS.



Simak Video " Anies Buka Opsi Semua Kegiatan di Jakarta Pakai Syarat Vaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)