Deretan Fitur Live Baru di TikTok

Deretan Fitur Live Baru di TikTok

Josina - detikInet
Kamis, 29 Jul 2021 14:19 WIB
TikTok Bantah Tuduhan Bagikan Data Pengguna India ke Pemerintah Cina
Foto: DW (News)
Jakarta -

TikTok telah menghadirkan banyak fitur pada layanan lives streamingnya, yang akan membuat kreator dan penonton betah berlama-lama menggunakan aplikasi berbagi video TikTok.

Serangkaian fitur ini dimulai dari acara yang dapat dijadwalkan, picture-in-picture pada perangkat iOS dan Android dan siaran langsung secara grup atau sekaligus dua pengguna dalam satu acara.

Tambahan fitur-fitur ini adalah bagian dari upaya TikTok untuk meningkatkan dan mendorong pengguna membuat dan menonton video secara live.

Fitur baru live streaming di TikTokFitur baru live streaming di TikTok Foto: Screenshot TikTok

Perusahaan mengatakan hadirnya fitur-fitur pada layanan Live mampu bersaing dengan platform video Live serupa seperti kemampuan kreator untuk menjadwalkan acara siaran langsung, TikTok menyebutnya dengan "Live Event".

Kreator juga dapat menambahkan fitur penghitung waktu mundur ke dalam video TikTok biasa dalam bentuk stiker. Fitur ini dapat membantu mempromosikan jadwal streaming mereka sehingga penonton pun sudah bersiap kapan waktu tayangnya.

Selain itu kemampuan host bisa melakukan live dengan sesama teman pada acara yang sama.


Dilansir detiKINET dari The Verge, Kamis (29/7/2021) TikTok juga memperluas fitur Tanya Jawab (Q&A) pada layanan Live streaming-nya di mana kreator dan penonton dapat saling berinteraksi langsung.

Tak hanya itu TikTok juga menambahkan opsi pemfilteran komentar baru yang dapat memblokir kata kunci tertentu dari acara live tersebut. Juga kemampuan moderator untuk melarang dan menonaktifkan penonton berperilaku tidak baik selama acara live berlangsung.

Terakhir, Tiktok akan mempermudah pengguna untuk menemukan dan menelusuri liveteam dengan tombol "Langsung". TikTok juga mendukung mode PiP di iOS dan Android yang memungkinkan pengguna dapat terus menonton live streaming di TikTok meskipun tidak berada di dalam aplikasi.

Fitur live streaming TikTok saat ini masih relatif baru terutama jika dibandingkan dengan YouTube atau Instagram. Tapi, fitur-fitur baru yang diluncurkan ini akan membantu TikTok dapat bersaing dengan yang lainnya.

Lihat juga Video: Beda YouTube Shorts dengan TikTok dan 'Reels' Instagram

[Gambas:Video 20detik]



(jsn/fay)