'Super Thanks' Cara Baru YouTube Untuk Kreator Dapat Uang

'Super Thanks' Cara Baru YouTube Untuk Kreator Dapat Uang

Josina - detikInet
Rabu, 21 Jul 2021 17:15 WIB
YouTube Super Thanks
Foto: YouTube
Jakarta -

Saat ini satu-satunya cara resmi untuk mendapatkan uang bagi kreator konten di YouTube adalah melalui iklan. Namun ketatnya aturan YouTube, tak semua jenis video atau saluran dapat dimonetisasi.

Demikian banyak kreator khususnya di AS menggunakan platform lain seperti Patreon yang memungkinkan kreator atau seniman dapat memperoleh pendanaan dari pelanggan secara berulang atau per karya seni.

Karena itulah YouTube pun merilis fitur baru yang dinamai Super Thanks. Ini adalah cara baru untuk para kreator di YouTube mendapatkan uang dari video yang dibuat.

Nantinya penggemar atau penonton yang menyukai konten video si kreator dapat membeli 'Super Thanks' sebagai rasa terimakasih dan juga bentuk dukungan mereka.

"Mereka (subscriber) akan melihat GIF animasi dan sebagai bonus tambahan mendapatkan komentar yang berbeda dan penuh warna untuk menyoroti pembelian mereka yang dapat ditanggapi oleh pembuatnya." kata YouTUbe sebagaimana dilansir detiKINET dari Ubergizmo.

Saat ada empat pilihan uang tip 'Super Thanks' yang dapat dibeli penonton mulai dari USD 2, USD 5, USD 10 dan USD 50. Jumlah ini pun tergantung pada lokasi si penonton YouTube berasal. YouTube pun diperkirakan akan mengambil 30% dari uang tip yang dibeli penonton.

Ini bukanlah yang pertama bagi YouTube soal pemberian uang tip kepada kreator, sebelumnya pernah diperkenalkan fitur Super Chat yang menawarkan hal serupa.

Saat ini, Super Thanks hanya tersedia dalam versi beta dan juga hanya tersedia di 68 negara. Jadi fitur tersebut belum bisa dibuka untuk semua pengguna.



Simak Video "Beda YouTube Shorts dengan TikTok dan 'Reels' Instagram"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/afr)