Cara Download Video YouTube Tanpa Aplikasi, Mudah dan Cepat

Cara Download Video YouTube Tanpa Aplikasi, Mudah dan Cepat

Sponsored - detikInet
Rabu, 21 Jul 2021 14:36 WIB
Ilustrasi Streaming YouTube
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Sebagai situs video streaming terbesar dan terpopuler saat ini, YouTube menyediakan berbagai jenis video yang bisa ditonton setiap saat. Dengan lebih dari 300 jam video yang diunggah setiap menit dan lebih dari 30 juta pengunjung setiap hari, tidak ada salahnya jika YouTube begitu kaya akan konten.

Kamu dapat menemukan video tutorial, film thriller, video musik dan banyak lagi. Sayangnya, hingga saat ini YouTube belum dilengkapi dengan tombol download yang memungkinkan pengguna menyimpan video untuk ditonton secara offline. Akan tetapi bukan berarti kita tidak bisa untuk download video yang ada di YouTube.

Cara Download Video yang Ada di YouTube

Cara Download Video YouTube di Android atau PC sebenarnya sangat mudah. Kita bisa menggunakan tool online downloader, atau menambahkan huruf tertentu pada link video, atau menambahkan keberadaan atau bisa juga menggunakan software/aplikasi.

Perlu kamu ketahui, YouTube tidak menyediakan tombol download yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan dan menonton video secara online merupakan upaya YouTube untuk melindungi hak cipta pemilik video. Di dalam aplikasi YouTube di Android, kita bisa menemukan fitur Tonton Offline.
Namun fitur ini tidak memungkinkan pengguna untuk mengedit video, apalagi video hanya bisa diputar di YouTube selama 30 hari. Maka jika kamu ingin video yang kamu simpan menjadi permanen di ponsel kamu, kamu harus men-download-nya terlebih dahulu.

Menggunakan Layanan Situs Pengunduh Video

Pertama, kita dapat menggunakan situs pengunduh video online untuk mengunduh video YouTube. Saat ini banyak tersedia situs yang menjadi alat untuk bisa mengunduh video di YouTube yang paling banyak digunakan saat ini seperti savefrom, keepvid, tubeninja, savemedia dan masih banyak lagi situs yang bisa di gunakan untuk download video YouTube.

Semua situs pengunduh video online memiliki cara kerja yang sama. Jadi berikut adalah salah satu contohnya. Kami menggunakan keepvid.com. kamu bisa menggunakan cara ini di PC atau Android.

  • Pertama silakan buka YouTube.com di browser kamu, baik melalui Android maupun PC. kamu bebas menggunakan browser jenis apapun, bisa Mozilla Firefox, Chrome, Opera dan lain-lain.
  • Lanjutkan dengan mencari video YouTube yang ingin kamu download. Putar video, dan salin tautan video yang kamu putar.
  • Buka tab baru, ketik keepvid.com. Setelah keepvid.com terbuka, lanjutkan dengan menempelkan tautan video yang kamu salin tadi.
  • Kemudian klik tombol panah dan biarkan keepvid.com memproses tautan video yang ingin kamu unduh.
  • Akan muncul beberapa pilihan ukuran video yang bisa kamu download.
  • Klik kanan pilih Save As. Beri nama file, klik simpan.

Setelah itu, kamu tinggal menunggu proses download selesai oleh browser. Untuk cara download di situs download video YouTube lainnya tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan, caranya tidak jauh berbeda.

Menambahkan Huruf Tertentu ke URL Video

Mungkin saat ini sudah banyak yang mengetahui bahwa dengan menambahkan huruf SS di depan url YouTube akan bisa langsung mendownload video dari url yang dimaksud. Sebenarnya selain huruf SS, masih ada beberapa huruf lagi yang bisa kita berdua gunakan untuk men-download video.

Selain huruf SS, bisa menambahkan huruf kick, save dan dl pada URL YouTube. mereka semua akan bekerja untuk tujuan yang sama. Keduanya akan mengunduh video. Tips lainnya bisa kamu dapatkan di Avanda Alvin.

Nah, seperti cara pertama, cara download video YouTube cepat di Android dan PC kedua, saya juga hanya akan memberikan contoh menggunakan satu huruf saja. Berikut adalah contoh menggunakan huruf SS.

  • Pertama, buka video YouTube yang ingin di-download melalui browser (disarankan Google Chrome atau Mozilla), jangan gunakan aplikasi YouTube di ponsel kamu (untuk pengguna ponsel Android).
  • Diasumsikan kamu sudah memiliki video YouTube yang ingin kamu download, maka langkah selanjutnya tinggal menambahkan link URL video YouTube yang ingin kamu download dengan huruf ss. Misalnya url videonya: https://www.youtube.com/watch?yyyhfghfgh, lalu ubah menjadi https://www.ssyoutube.com/watch? yyyhfghfgh.
  • Tambahkan SS di depan link URL video, lihat contoh di bawah ini. setelah itu tekan enter.
  • kamu akan diarahkan ke situs pengunduh video online savefrom.net untuk mengunduh video kamu.
  • Silahkan pilih format dan kualitas video yang kamu inginkan.
  • Setelah kamu mengklik format video, video akan diunduh secara otomatis. Namun jika tidak, pilih tombol Download untuk mendownloadnya.


Perlu kamu ketahui, SS adalah kode untuk menuju situs savefrom.net, kemudian kick/save adalah kode untuk situs savemedia.com dan dl Pada URL YouTube adalah kode untuk tubeninja.net. Jadi pada dasarnya, menambahkan huruf menggunakan situs pengunduh online, itu sama saja.

Jika dengan menambahkan huruf ss pada url video YouTube yang akan kamu download mengalami error, karena terkadang url tersebut ditemui sebagai spam, kamu bisa menggunakan cara lain di artikel ini.

Menggunakan Eksistensi (Add Ons)

Cara selanjutnya ini bisa kamu gunakan untuk men-download video yang ada di YouTube dengan kamu menambahkan add ons atau eksistensi. Namun, kamu tidak dapat menggunakan metode ini di Android.

  • Silahkan buka browser Mozilla Firefox kamu, lalu tekan ikon strip tiga yang terletak di sisi kanan atas.
  • Pilih Add-on.
  • Masukkan kata kunci download YouTube di kotak pencarian add-ons.
  • Banyak pilihan add-on akan muncul untuk mengunduh video YouTube. Salah satu yang bisa kamu pilih adalah Easy YouTube Video Downloader Express, menurut saya ini cukup bagus.
  • Lanjutkan dengan Install Easy YouTube Video Downloader Express, kemudian tunggu hingga proses instalasi selesai.
  • Jika sudah selesai di install dan kamu aktifkan. Lanjutkan dengan membuka video YouTube yang ingin kamu unduh.
  • Kemudian akan muncul tombol Download As di bagian bawah video, silahkan klik dan pilih format video.
  • Setelah itu Save File dan Klik OK untuk mendownload video.

Selain menggunakan keberadaan Easy YouTube Video Downloader Express, kamu juga dapat menggunakan keberadaan lainnya. Caranya kurang lebih sama seperti yang sudah dijelaskan.

Menggunakan Perangkat Lunak

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan untuk men-download video YouTube adalah dengan menggunakan software. Ada banyak software yang bisa kamu gunakan, seperti Internet Download Manager (IDM), EagleGet, Free Download Manager, YouTube Downloader, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kamu bisa memilih salah satunya, biasanya cara penggunaannya tidak jauh berbeda. Misalnya saya menggunakan IDM.

  • Silahkan download dan install IDM terlebih dahulu di PC kamu.
  • Segera buka Video YouTube yang ingin kamu download.
  • Kemudian akan otomatis muncul tombol Download this video, silakan klik dan pilih kualitas video yang kamu inginkan.
  • Untuk mulai mengunduh, klik Mulai Unduh.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk men-download video di YouTube melalui Android dan PC. Disarankan menggunakan IDM jika menggunakan laptop dan menggunakan keepvid jika menggunakan Android.

(Content Promotion/Feritekno)